Mau jadi Penulis Buku, ikuti 5 Tahapan Menulis Buku ini!

Jika kita tahu Tahapan Menulis Buku, cukup panjang. Namun secara garis besar ada 5 tahapan penting. Tahapan ini secara ringkas adalah Pre-Writing, Writing, Reading, Editing dan Publishing.

TAHAPAN MENULIS BUKU - Pelatihan Menulis Buku www.SelametHariadi.com
Mas Eko menjelaskan Tahapan Menulis Buku (dok. pribadi)

Tahapan Menulis Buku

Setiap orang punya cerita, setiap orang bisa menulis”, demikian sepetik ucapan penyemangat dari mas Eko Prasetyo. Mantan Editor Jawa Pos ini menjadi salah satu pelatih dalam Pelatihan Menulis Buku di Batu, pada 27-28 Januari 2017. Kata-kata mas Eko ini menyiratkan bahwa jika kita bisa bercerita tiap hari, maka pekerjaan menulis pun bisa dilakukan.

Dari banyak penjelasannya tentang menulis buku, secara ringkas ada 5 tahapan penting. Tahapan ini adalah tahapan menjadikan tulisan kita menjadi buku. Berikut ulasannya…

 

  1. Pre-Writing

Pre-Writing atau Pra menulis merupakan pekerjaan penting dalam tahapan menulis. Ini merupakan tahapan yang dilakukan sebelum menulis. Bisa dikapatan tahapan mengumpulkan semangat. Bukankah jika Semangat 100%, semuanya bisa 100%?

Tahapan Pre-Writing ini menurut mas Eko seperti ngopi dulu atau jalan-jalan. Ngopi menjadi penting bagi beberapa orang untuk membuat diri santai dan mengumpulkan semangat sebelum menulis. Pun demikan dengan jalan-jalan, aktivitas santai yang bisa membuat kita menjadi senang dan diri nyaman.

Kenapa Pre-Writing penting? Kemarin belum begitu dijelaskan hal ini. Namun bila dinalar, ini seperti momentum persiapan sebelum menulis. Semacam mempersiapkan metode dan materi ajar sebelum guru mengajar di kelas. Jika hal-hal yang dalam diri sudah siap untuk menulis maka tulisan juga bisa maksimal hasilnya.

 

  1. Writing

Writing atau dalam bahasa Indonesia adalah menulis. Ya, setelah melakukan aktivitas menumbuhkan rasa nyaman dan semangat lalu segera menulis. Menulis menurut mas Eko Prasetyo, bisa menulis apa saja. Tahapan ini memiliki tahapan lagi seperti menentukan tema, tema khusus, outline hingga menjadikan hal itu tulisan.

 

  1. Reading

Setelah menulis, lalu tulisan tersebut Reading atau dibaca. Hal ini tentu penting untuk mengetahui alur penulisan agar tak salah sesuai tujuan awal. Memang, saat membaca tulisan hasil sendiri ini akan menemukan berbagai hal lagi. Seperti menambahkan hal-hal lain yang bisa mendukung apa yang ditulis.

 

  1. Editing

Tahapan ke-4 adalah Editing atau pengkoreksian. Tulisan yang sudah ditulis lalu dibaca, kemudian dikoreksi. Struktur kalimat, tanda baca, kata penghubung dan banyak hal lainnya dilakukan dalam Editing agar tulisan terlihat lebih nyaman dibaca.

 

  1. Publishing

Setelah tahapan 1 sampai 4 dilalui, maka dilanjutkan tahapan Publising atau Publikasi. Publishing sendiri secara garis besar ada 2 jenis, yakni Major Publishing dan Self-Pablishing. Major Publishing adalah Penerbit besar, sedang Self-Publising adalah penerbit indie.

 

Demikian sedikit ringkasan dari penjelasan mas Eko Prasetyo tentang 5 tahapan menulis. Selain pernah bekerja di Jawa Pos selama 9 tahun, Mas Eko juga penulis 47 judul Buku.  Semoga bermanfaat! [SH]

SelametHariadi.com search terms:

  • bokep jogja membara
  • bokep mancanegarA online
  • bokep indo together
  • teks sholawat resolusi besar
  • tahapan menulis buku
  • tahap -tahap dalam menulis
  • sejarah berdirinya pt dua kelinci
  • menulis itu ibarat ngopi
  • kata bijak buat lahir tanggal 17 april
  • judul buku tahapan tentang menulis
  • http//wikipedia bagaimana pendapatan mendirikan negara islam
  • bokep online mancanegara
  • www masekoprasetyo com

Your email address will not be published. Required fields are marked *