Astoetik, Kompor TEPAT untuk Membatik ada di PPI 2015!

Tahu tentang Astoetik? Astoetik adalah sebuah Merk Kompor untuk membatik. Astoetik sendiri kepanjangannya adalah Auto-Electric Stove for Batik. Mungkin ada yang mengira nama orang, penemunya atau lainnya… hehe…

Jika Anda penasaran, kunjungi Pameran Produksi Indonesia (PPI) di Grand City Mall Surabaya, yang berlangsung sejak tanggal 6 – 9 Agustus 2015. Acara itu menampilkan aneka produk-produk unggulan Indonesia dengan tema “Bangga Menggunakan Produk Dalam Negeri”. Tak diragukan lagi, Kompor Listrik Astoetik merupakan salah satu produk unggulan buatan anak negeri yang layak dibanggakan. Ayo buruan kunjungi PPI 2015 sebelum ditutup.

Batik dan Kompor?

Kompor tak bisa dipisahkan dari proses membatik, hal ini karena kompor diperlukan untuk mencairkan malam. Malam adalah salah satu komponen yang terpenting dalam proses pembuatan kain batik. Malam yang sudah menempel di kain dengan motif Batik akan digunakan untuk menutup bagian kain, sehingga akan mempermudah proses pewarnaan motif batik tersebut di kain.

Proses Malam Membatik www.SelametHariadi.com
dok. Pak Yunus

Nah, agar Malam yang digunakan dalam proses membatik bisa mencair stabil maka diperlukan pemanas yang bisa stabil pula mengalirkan panas. Kompor umumnya dipilih sebagai media yang mengeluarkan panas dari apinya ke wajan yang berisi Malam.

Kompor Batik Astoetik merupakan Kompor yang tepat untuk membantu proses membatik. Kompor ini merupakan kompor listrik ramah lingkungan yang menggunakan metode atau sistem PID.  Komponen pada Kompor ini bekerja dengan mendeteksi jenis atau kriteria malam yang dipakai, maka pada saat mencapai suhu yang telah ditentukan panas akan  tetap stabil pada suhu tersebut, sehingga panas yang dihasilkan menjadi tetap konsisten untuk hasil yang lebih optimal.

Kompor dengan PID?

Kompor Batik Astoetik menggunakan sistem PID untuk mengoptimalkan hasilnya. Apakah PID itu? PID merupakan singkatan dari Proportional Integral Derivative. PID merupakan kontroler untuk menentukan presisi suatu sistem instrumentasi dengan karakteristik adanya umpan balik pada sistem tesebut.

Kompor Batik Modern Astoetik www.SelametHariadi.com
Kompor Batik Modern Astoetik www.SelametHariadi.com (dok.astoetik)

Secara singkat PID digunakan pada  Kompor Batik Astoetik untuk mengatur panas pada elemen pemanas sehingga memperoleh suhu yang tepat untuk Malam. PID menghasilkan  Malam tetap mencair dan konsumsi listrik lebih hemat serta produksi meningkat. Inilah salah satu kelebihan Kompor Batik Astoetik dimana membuat Malam untuk membatik bisa terjaga kualitasnya.

Energi yang dihasilkan melalui sistem PID ini yang mampu menjaga kestabilan suhu dalam proses membatik sesuai standar, sehingga hasil pembatikan lebih sempurna. Malam yang digunakan lebih efektif karena tak harus membagi focus pada kestabilan api yang dihasilkan untuk memanaskan Malam seperti pada kompor biasa.

Keunggulan Kompor Batik Astoetik

  1. Suhu malam (lilin) dapat terjaga secara Otomatis dan Stabil
  2. Hemat daya (7x lebih efisien dari kompor listrik batik yang lain)
  3. Aman digunakan
  4. Kompatibel (bentuk alat tidak berbeda dengan yang biasa digunakan untuk membatik)
  5. Harga bersaing dengan teknologi yang lebih modern

Spesifikasi Kompor Batik Astoetik

Kompor Batik Astoetik bertegangan 220 Volt, AC. Kompor listrik batik ini memiliki daya 25 – 60 Watt dan bekerja stabil. Beratnya mencapai 2,2 kg/4,5 kg dengan tinggi 20 cm. Diameter kompor listrik berteknologi modern ini berdiameter 16 cm. Bahan bodi kompor listrik bervariasi, ada yang dibuat dari bahan alumunium dan tanah liat dengan daya tahan 3 – 5 tahun. Tersedia pula Kompor Astoetik Modifikasi, yaitu Bodi kompor listrik bermotif batik tulis lukis.

Apresiasi untuk Kompor Batik Astoetik

Kompor Batik Astoetik mendapat berbagai apresiasi dari berbagai pihak, yakni:

  1. Published on Make Difference (MaD) Hongkong tahun 2014
  2. Pemenang II Bidang Non IT Mandiri YOung Technopreneur (MYT) tahun 2013
  3. Peraih Dana TeknoPemuda Kemenristek RI tahun 2013
  4. Finalis Inovasi IPTEKS Kemenpora tahun 2013
  5. Peraih Dana Pre-Mentoring Program RAMP IPB & Yayasan Lemelson Foundation USA tahun 2012 – 2013
  6. Peraih Dana Best Project cluster Green Technology (International Yout Green Smmit) oleh UI tahun 2013
  7. Peraih Dana Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) oleh DIKTI Kemendikbud RI tahun 2013
  8. Peraih Dana Program Mentoring oleh Yayasan INOTEK 2014
  9. Diterbitkan dalam buku 106 Inovasi Indonesia tahun 2014 oleh Yayasan BIC

Dari berbagai apresiasi penghargaan di atas membuktikan Kompor Batik Astoetik memang merupakan Kompor yang berkualitas. Sehingga bagi Anda yang sedang belajar membatik atau berprofesi sebagai pembatik, sangat tepat jika menggunakan Kompor Batik Astoetik.  [Selamet Hariadi]

SelametHariadi.com search terms:

  • bayi kembar Yuliana Yuliani yang dempet tahun 92
  • kata kata masa depan
  • misteri riba banyuwani fiml
  • ulang tahun kurung 7 budeg

Your email address will not be published. Required fields are marked *