Bahasa Gaul dipakai sampai kapan?

Berapa usiamu? Apa masih pakai bahasa Gaul? Kiranya demikianlah sekelumit pertanyaan yang bisa jadi ditujukan pada mereka yang maulai meninggalkan pemakaian bahasa gaul atau bahkan gaya berpakainnya mulai berubah. Arti bahasa gaul mulai berkembang pula pada istilah bahasa alay yang digunakan para remaja, bisa jadi inilah istilah baru pada bahasa gaul saat ini. Bahasa gaul juga mulai berevolusi pada bahasa gaul Inggris yang korelasinya dengan bahasa Inggris yang digunakan dengan tatanan kata yang lebih gaul bagi penggunanya yang biasanya disebutnya anak gaul.

Bahasa Kamus Kata-Kata Gaul
Bahasa Gaul

Bahasa Gaul hanya sementara?

Bahasa gaul atau penggunaan kata-kata gaul mulai banyak digunakan umumnya adalah pada masa muda, masa dimana memang eksplorasi diri, lingkungan hingga bahasa mulai diterapkan apalagi ada jagon menjadi berbeda untuk diperhatikan. Anak muda memang ingin diperhatikan, umumnya cara dilakukan cukup banyak yang pada intinya berbeda dalam kebaikan atau hal sebaliknya. Nah, bisa jadi bahasa gaul adalah bahasa dimana digunakan untuk indentitas menunjukkan jiwa mudanya.

Mungkin anda juga pernah mengalami saat bertemu sahabat lama yang dulu penampilan hingga gaya bahasanya gaul mulai terlihat berubah bisa jadi mulai lebih rapi dengan memakai kemeja dan celana berbahan kain, sedang dulu gayanya lebih suka pakai kaos dan bercelana jeans. Pun demikian juga dengan penggunaan bahasanya yang dulu gaul, sekarang mulai menyesuaikan dengan gaya penampilannya.

Lalu tibalah pada pertanyaan, apakah bahasa gaul hanya sementara digunakan? Bisa jadi menjawab hal ini bisa dikorelasikan dengan lingkungan. Usia yang kian bertambah menjadikan gaya pula bisa berubah mulai gaya pakaian, gaya bicara hingga gaya hidup. Hampir sama seperti sahabat yang dulu kita yang terlihat pendiam saat bertemu kembali menjadi sahabat yang begitu nyaman dalam berkomunikasi bahkan sudah menjadi pembicara publik.

Ternyata perubahan jaman tiap orang memnuatnya juga menyesuaikan perubahan. Saat sudah memiliki pekerjaan dengan lingkungan yang harus membuatnya mengurangi bahkan meniadakan bahasa gaul dalam komunikasi pekerjaan membuat hal itu juga sedikit demi sedikit bisa hilang. Gaya pakaian juga bisa jadi demikian, pakaian yang baru yang dibeli umumnya bisa jadi lebih melengkapi aktivitas kerjanya yang bisa dimaklumi waktu untuk bekerja kadang terkesan lebih banyak daripada aktivitasnya lain saat belum bekerja.

Hal lain yang membuat bahasa gaul hilang pada seseorang adalah tuntutan usia. Akan terlihat kurang pantas bahasa gaul dipadu dengan gaya tubuh saat usia beranjak dewasa, terlebih pula memiliki keluarga baru. Memang sebagian orang ada pula yang masih mempertahankan penggunaan bahasa gaul dipadu dengan pakaian gaulnya saat remaja. Nah, hal ini jiak ditarik garis perubahan adalah pada intensitasnya dalam berkomunikasi dengan sahabat dan lingkungannya, jika hal tersebut masih tak mengalamai perubahan intensitas yang terlampau berganti gayanya maka pengaruh itu mungkin akan tetap dalam dirinya.

Bahasa dan gaya pakaian dinilai gaul bagi remaja memang mengalami perubahan jika dibndingkan dengan dekade sebelumnya. Pengaruh jaman menjadi tolak ukur tersendiri dalam mengamatinya. Yang dikira dulu anak gaul, jika sekarang bisa jadi norak atau berlebihan. Jika dulu kamus bahasa gaul tak ada, maka banyaknya kamus juga mengikuti terbitnya kamus bahasa gaul. Kepantasan menggunakan bahasa gaul juga berhubung pada sinkroniasi lingkungan, tentjnya akan aneh jika seorang pejabat negara lebih sering menggunakan bahasa gaul daripada bahasa Indonesia yang baik. [SH]

SelametHariadi.com search terms:

  • arti sisir bahasa alay
  • apa itu sh pada bahasa gaul inggris
  • arti bahasa anak sekarang tag
  • bahasa anak gaul tag
  • Bahasa gaul bekerja di hotel

Your email address will not be published. Required fields are marked *