Bahasa Java Programming, Antara Kelebihan & Tantangan Memahami

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup menjadi idola di waktu-waktu ini pada pembelajaran di komunitas programmer. Walau mulai muncul tantangan dari Ruby yang dikembangankan di Jepang, java yang namanya diambil dari kopi jawa agaknya tak dapat disingkirkan di dunia saat ini. Salah satu buktinya pengembangan java telah sampai pada alat komunikasi antar sesama manusia.

Java pertama kali diluncurkan pada tahun 1995 sebagai bahasa pemrograman umum (general purpose programming language) dengan kelebihan dia bisa dijalankan di web browser sebagai applet. Sejak awal, para pembuat Java telah menanamkan visi mereka ke dalam Java untuk membuat piranti-piranti yang ada di rumah (small embedded customer device) seperti TV, telepon, radio, dan sebagainya supaya dapat berkomunikasi satu sama lain. Tentu saja jalan menuju visi ini tidak mudah untuk ditemukan apalagi untuk ditempuh. Langkah pertama yang diambil oleh Sun Microsystem adalah dengan membuat

JVM (Java Virtual Machine) yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk JRE (Java Runtime   Environment).   JVM   adalah   lingkungan   tempat   eksekusi   program   Java berlangsung dimana para objek saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Virtual Machine inilah yang menyebabkan Java mempunyai kemampuan penanganan memori yang lebih baik, keamanan yang lebih tinggi serta portabilitas yang besar.

Ada yang bilang tingkat keamanan menggunakan Java dan turunannya cukup baik. Penulis memang belum cukup mumpuni membahas tentang keamanan di java, namun kita akan melihat dari pendapat yang dikemukakan teman-teman atau kalangan praktisi di bidang programmer java yang berpendapat keamanannya bisa teruji jika dibanding dengan bahasa yang lain. Itulah kenapa tugas akhir di salah satu mata kuliah di jurusan informatika yang menggunakan JSP lebih mempunyai nilai tambah daripada dengan PHP atau yang lainnya.

Setelah mengetahui betapa pentingnya java dan itulah kenapa mahasiswa pada jurusan Teknik Informatika di sebagian perguruan tinggi semenjak awal telah dicekoki oleh pengenalan terhadap java. Algoritma, logika, psydocode hingga pada aksi konkret hasil dari pemrograman java. Oleh karenanyalah, kemampuan coding seorang programmer sangat penting, karena menentukan kualitas hasil project mereka jua. Mengenai hal ini, seorang praktisi komputer pernah mengkritisi bgimana lemahnya coding lulusan infomatika, padahal entah anda dari teknik, manajemen, sistem informasi informatika pengetahuan atau kuatnya coding sangatlah penting. Ok, tak ada hidung yang tanpa kotoran… bersama membangun negeri menjadi lebih baik dengan java karena kita sekarang di jawa maka wajib bisa bahasa Java… bukan begitu …??!!

SelametHariadi.com search terms:

  • virtual machine ditemukan oleh
  • komunitas programmer
  • lebih baik kita sholawat jawa timur bojonegorommmusiim MMC

Leave a Reply