BALANCING BAN untuk Sepeda Motor Ternyata Penting?

Punya Sepeda Motor? Pernahkah Ban Sepeda Motor Anda dilakukan Balancing Ban? Balancing Ban adalah proses untuk melakukan penyeimbangan pada roda. Sangat umum Balancing memang dilakukan pada Mobil. Namun, ternyata Balancing juga penting pada Ban sepeda Motor?

Manfaat Balancing Ban untuk Perangkat Motor

Balancing Ban merupakan hal yang perlu dilakukan pada Mobil dan juga sepeda Motor. Jika pada mobil hal ini sangat diperlukan agar kemudi dan perangkat lainnya lebih awet. Perputaran roda sangat vital dalam kendaraan, oleh karenanya gerak putar yang tepat juga diperlukan.

Roda yang tidak imbang (balance) akan mengakibatkan umur ban lebih pendek serta umur perangkat lain yang melingkupinya juga cenderung pendek. Ban mempunyai titik-titik dimana kadar beratnya berbeda dengan yang lainnya. Pada saat kendaraan melaju, perputaran ban yang tidak imbang membuat penyebaran berat beban juga tak sama.

Ban yang tidak imbang dalam perputarannya juga mempengaruhi kinerja perangkat motor lainnya. Saat melaju getaran akan terasa pada roda, shock dan perangkat lainnya di kendaraan yang saling terhubung. Ini pula yang membuat kurang nyaman dalam mengemudikan kendaraan.

Sepeda Motor dengan ban baru perlu untuk dilakukan balancing ban. Hal ini membuat pengendara akan lebih nyaman dalam mengendarai sepeda motor dengan ban yang imbang/balance. Getaran dalam diminimalisir serta umur dan kinerja ban akan lebih baik.

Balancing Ban Sepeda Motor adalah www.SelametHariadi.com

Dari Nitrogen hingga Balancing Ban

Isi angin ban dengan Nitrogen sangat berkembang saat ini. Hal ini bisa dilihat hampir di setiap SPBU besar menyediakan tempat pengisian angin ban Nitrogen. Isi Nitrogen memang cukup bagus namun perlu pula diimbangi dengan balancing ban.

Balancing Ban jika di wilayah Malang saya cukup jarang bengkel sepeda motor yang mempunyai konsen untuk menangkap peluang ini sehingga masih sedikit bengkel yang menyediakan alat untuk balancing ban. Padahal ini adalah hal yang cukup penting sebagai nilai tambah sebuah bengkel.

Ban yang dilakukan Balancing akan membuat velg roda yang tak seperti biasanya, hal ini karena agar  titik berat yang seimbang pada ban diperlukan pemberat semacam timbal. Jika berat sudah imbang (balance) maka akan membuat perputaran roda stabil. Untuk harga sendiri mungkin berbeda di tiap tempat, saya sendiri menemui Rp 25.000 untuk 1 ban yang dilakukan Balancing Ban.

Pada pemasangan Ban selain Balancing perlu juga diperhatikan titik khusus yang ada pada ban, titik ini merupakan titik yang lurus dengan karet pentil untuk memasukkan angin ke dalam ban. Jadi pada sekitar titik ini merupakan titik ringan ban karena adanya karet pentil untuk memasukkan angina itu tadi. [SH]

SelametHariadi.com search terms:

  • spooting balancing motor di malang
  • balancing pada motor
  • harga karet 27082015
  • penyeimbangan sepeda motor
  • apakah ban motor harus dilakukan balancing
  • balancing sepeda motor
  • dimana tempat balancing motor
  • ganti ban baru motor terasa ringan

Your email address will not be published. Required fields are marked *