Mengenal Vlog dan Inovasi Perbankan bersama Blogger Malang

Apa itu Vlog? Apa itu dompet elektronik di smartphone? 2 hal ini saya temui di “Ngobrol Bareng Blogger Malang” yang dibahas tentang Vlog atau Online Video Maker dan banyak Inovasi Perbankan. Jika Vlog adalah semacam hal yang mulai menjadi trends, di sisi lain inovasi perbankan perlu diketahui banyak orang agar kita bisa mudah pula mengatur uang hingga transaksi di jaman serba online dan cardless ini. Berikut reportase saya, semoga manfaat.

inovasi-bank-bca-ngobrol-bareng-blogger-malang-sakuku-vlog-www-selamethariadi-com-2

Pra Acara Ngobrol Bareng Blogger Malang yang Seru!

Saya datang ke lokasi acara sekitar jam 17.45 WIB. Sudah banyak rekan Blogger Malang yang sudah hadir. Sebelum naik ke lantai 2 sebagai lokasi “Ngobrol Bareng Blogger Malang” yakni di Golden Heritage Koffie, saya mengisi daftar hadir dengan mengetiknya di laptop yang sudah disediakan dan mengambil nomor undian untuk hadiah.

inovasi-bank-bca-ngobrol-bareng-blogger-malang-sakuku-vlog-www-selamethariadi-com-1

Di lokasi sudah cukup banyak rekan. Saya mengambil tempat duduk dan berkenalan dengan Mas Garuda yang akan menjadi MC di acara ini. Acara belum dimulai, namun musik pengiring acara menjadikan suasana santai. Waktu bertambah, rekan Blogger Malang lainnya mulai berdatangan dan menempati kursi yang disediakan.

inovasi-bank-bca-ngobrol-bareng-blogger-malang-sakuku-vlog-www-selamethariadi-com-3

Mas Garuda dan Mbak Hindita menjadi MC di acara ini. Mereka berdua membuka acara dengan santai dan membuat banyak tawa sehingga acara menjadi nyaman. Sebelum acara dimulai kita dipersialakan untuk menikmati hidangan yang sudah disajikan tim “Golden Heritage Koffie”.

inovasi-bank-bca-ngobrol-bareng-blogger-malang-sakuku-vlog-www-selamethariadi-com-16

Mengenal Online Video Maker

Acara awal dibuka dengan  penampilan mas Hena Satya. Para Blogger Malang cukup antusias. Mas Hena adalah Seorang Vlogger yang cukup dikenal di Instagram maupun Youtube. Mas Hena Satya membagikan pengalamannya tentang bagaimana menjadi Online Video Maker (OVM) yang saat ini sedang banyak peminatnya.

OVM menghasilkan Vlog, ini merupakan pengembangan dari Blog. Kegiatan bercerita melalui tulisan mulai berkembang menjadi Video. Menurut Mas Hena Satya ide VLog berasal dari keresahan atau Observasi. Yang dimaksud keresahan adalah hal-hal yang dtemui manjadi keresahan pribadi. Cara lain mendapatkan ide adalah dengan Observasi, melakukan riset pada perkembangan yang terjadi di dunia online. Seperti video yang disarankan di Youtube merupakan hal-hal yang bisa diangkat menjadi video dengan cara berbeda.

inovasi-bank-bca-ngobrol-bareng-blogger-malang-sakuku-vlog-www-selamethariadi-com

Menurut Mas Hena Satya, berikut adalah alat yang dibutuhkan Online Video Maker:

  1. Alat (kamera/smartphone)
  2. Aktor
  3. Ide
  4. Software Video

Setelah sharing Online Video Maker dari mas Hena Satya, dilanjutkan oleh Stand Up Comedy. Ruangan acara dipenuhi dengan canda tawa. Mulai dari guyonan tentang status anak muda hingga ikhwal pekerjaan.

BCA Surabaya Run

Rentetan acara pun semakin meriah dengan datangnya Mbak Miranti Dhea. Mbak Dhea memberikan informasi tentang “BCA Surabaya Run”, yakni acara lari 5K dan 10K yang digelar BCA. BCA Surabaya Run akan digelar pada 11 Desember 2016 dengan start dari Citraland Surabaya.

Biaya ikut serta pada “BCA Surabaya Run” yakni 5K adalah 300 ribu dan 10K adalah 350 ribu. Ada penawaran khusus untuk pengguna jasa BCA. Yakni ada potongan berupa voucher untuk pendaftaran. Jadi, biaya pendaftaran untuk 5K hanya 150 ribu, dan 10K hanya 200ribu.

Untuk hadiahnya cukup menggiurkan, untuk 5K yakni:

  1. Juara 1 Rp 3.000.000,-
  2. Juara 2 Rp 2.000.000,-
  3. Juara 3 Rp 1.000.000,-

Sedang untuk 10K:

  1. Juara 1 Rp 6.000.000,-
  2. Juara 2 Rp 4.000.000,-
  3. Juara 3 Rp 2.000.000,-

Waktu Penyelenggaraan:

Hari                          : Minggu

Tanggal                    : 11 Desember 2016

Waktu Start 10K    :  Pkl 05.20 WIB

Waktu Start 5K       :  Pkl 05.30 WIB

Waktu berkumpul  :  04.20 – 05.20 WIB

Pendaftaran peserta dimulai tanggal 18 Oktober 2016 sampai dengan 1 Desember 2016 melalui website www.bcarun.com  .  Pendaftaran ditutup bila sudah mencapai jumlah maksimal peserta atau pada tanggal penutupan pendaftaran.

Ketentuan pendaftaran peserta :

  • Memiliki identitas lengkap (KTP/KITAS)
  • Merupakan Warga Negara Indonesia atau warga negara asing yang bertempat tinggal di Indonesia dan memiliki Ijin Tinggal di Indonesia (KITAS)
  • Sudah cukup umur pada saat mendaftar (minimum 17tahun pada saat mendaftar)
  • Membayar biaya pendaftaran.
  • Menyatakan setuju dan tunduk pada peraturan dan ketentuan lomba lari “BCA Surabaya Run” 2016
  • Menyatakan setuju dan tunduk pada keputusan yang diambil oleh panitia lomba lari “BCA Surabaya Run” 2016 antara lain diskualifikasi, keputusan pemenang dan penyerahan hadiah.
  • Sehat jasmani dan rohani

Saya sempat bertanya pada mbak Miranti Dhea setelah beliau menjelaskan di pangggung acara, kebetulan duduknya dekat dengan duduk saya. Pertanyaan saya adalah tentang kendaraan bagi yang jauh apakah aka nada tempat parkir di lokasi pemeberangkatan.

Baliau menjawab dengan bantuan rekan kerjanya bahwa akan disediakan lokasi parkir. Mbak Dhea juga menjelaskan jika pengguna BCA di wilayah Malang bisa menghubungi BCA cabang Burobudur untuk diteruskan ke BCA area Surabaya agar mendapat Voucher “BCA Surabaya Run”.

inovasi-bank-bca-ngobrol-bareng-blogger-malang-sakuku-vlog-www-selamethariadi-com

Mengenal Sakuku BCA bersama Blogger Malang

Setelah penjelasan tentang “BCA Surabaya Run”, dilanjutkan dengan informasi tentang Sakuku. Ini merupakan produk Inovasi perbankan terbaru dari BCA.

sakuku-inovasi-bank-bca-ngobrol-bareng-blogger-malang-vlog-www-selamethariadi-com-uang-elektronik

Kita dapat menyimpan sejumlah uang pada nomor handphone kita. Untuk menggunakan uang di dompet elektronik tersebut cukup mudah, dengan membuka aplikasi Sakuku dengan PIN yang kita buat, lalu bisa dipakai untuk melakukan berbagai transaksi perbankan.

Bagi mereka yang bukan nasabah BCA pun bisa menggunakan aplikasi Sakuku. Dengan menggunakan nomer telepon saja, tanpa perlu banyak uang di dompet. Atau jika mulai terbiasa dengan kartu uang elektronik, akan lebih mudah dengan 1 handphone saja sudah lebih mudah.

3 Hal utama yang menjadi keuntungan menggunakan Sakuku, yakni: pertama adalah Mudah, hanya perlu mengunduh aplikasi Sakuku dari application store/play store di smartphone sudah bisa memiliki Sakuku. Yang kedua adalah Praktis, seperti disebutkan di atas tadi hanya dengan kepemilikikan nomer handphone bisa sebagai nomor kepemilikan Sakuku. Yang ketiga adalah Gratis biaya administrasi bulanan.

sakuku-bca-inovasi-bank-bca-ngobrol-bareng-blogger-malang-vlog-www-selamethariadi-com-uang-elektronik

Sakuku memang fungsinya sebagai dompet elektronik yang merupakan bagian dari kampanye non tunai. Aplikasi Sakuku yang merupakan aplikasi dompet elektronik, fungsinya hampir sama dengan aplikasi perbankan pada umumnya. Dengan menggunakan Sakuku kita bisa melakukan isi pulsa, bayar transaksi hingga melihat mutasinya.

Untuk mendapat kelebihan lainnya dari Sakuku, bisa mengaktifkan Sakuku Plus. Banyak kelebihan yang didapat dengan Sakuku Plus, salah satunya adalah batas saldo yang lebih besar dibanding yang biasa. Selain itu ada 3 kelebihan lainnya. Yang pertama adalah bisa tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA yang berlogo Sakuku. Dengan menggunakan Sakuku Plus bisa tarik tunai mulai dari kelipatan Rp 50 ribu hingga Rp 1,25 juta.

Kelebihan kedua adalah bisa Transfer saldo Sakuku ke rekan yang juga memiliki akun Sakuku. Atau bisa pula minta ditransfer oleh rekan kita yang memiliki Sakuku. Rekan kita tersebut tentunya sudah mengaktifkan Sakuku Plus, jadi dengan hal itu bisa saling transfer dengan minimal 5 ribu saja.

Lalu, Kelebihan ketiga menggunakan Sakuku Plus ialah bisa Split Bill. Ini merupakan fitur di Sakuku Plus yang bisa patungan dalam membayar tagihan. Contohnya kita bersama rekan beli suatu barang, harga barang tersebut sementara dibayar oleh akun miliki kita. Kita bisa melakukan tagihan patungan pemebayaran tersebut dengan rekan kita, namun dengan terlebih dahulu kita atau rekan kita yang membayar tagihan tersebut.

sakuku-bca-inovasi-bank-bca-ngobrol-bareng-blogger-malang-vlog-www-selamethariadi-com-uang-elektronik

Penjelasan tentang Sakuku cukup menarik banyak blogger. Banyak pertanyaan yang biasa saja hingga yang lebih rumit dijelaskan. Intinya para blogger menjadi semakin mengerti tentang penting dan mudahnya penggunakan dompet elektronik, Sakuku.

Hadiah Penanya Terbaik Ngobrol Bareng Blogger Malang – BCA

Acara sudah mulai selesai dengan mas Garuda dan mbak Hindita mengajak rekan dari BCA untuk memilih undian doorprize. Dilanjutkan dengan hadiah untuk penanya terbaik dan postingan blogger Malang di media sosial yang menjadi pilhan.

map-sakuku-bca-inovasi-bank-bca-ngobrol-bareng-blogger-malang-vlog-www-selamethariadi-com-uang-elektronik


BCA Sakuku

Sebelum pulang ada sesi foto bersama. Keseruan acara semakin bertambah dengan banyak perkenalan dengan blogger maupun rekan dari BCA serta MC. Rekan BCA ternyata ada pula yang sepertinya adalah Selebgram, karena melihat postingan di instagramkan cukup populer dan ada pula semacam endorse produk. Demikian sedikit reportase “Ngobrol Bareng Blogger Malang” dengan Mas Hena Satya dan rekan-rekan dari BCA. Semoga Indonesia lebih baik…lebih baik dan bisa jadi terbaik. [SH]

 

SelametHariadi.com search terms:

  • hena satya

Your email address will not be published. Required fields are marked *