Menuju Indonesia Maju dengan Menyebarkan Konten Positif dan Kreatif

Pernahkah anda menyebarkan konten yang ternyata hoaks? Bagaimana kita menyaring konten untuk disebarkan? Banyak hal yang melingkupi media sosial dan blogging belakangan ini. Untuk Menuju Indonesia Maju kita perlu menyebarkan Konten Positif dan Kreatif. Kemkominfo bekerja sama dengan Diskominto kota Malang menyelenggarakan Flash Blogging dengan tema Menuju Indonesia Maju.

Ini acara yang sangat tepat diselenggarakan bagi para Blogger dan penggiat media sosial di Malang. Acara ini bertempat di Hotel Aria Gajayana 2 maret 2018. Sekitar 50-an orang mengikuti acara ini. Berikut ulasan singkatnya…

Menuju Indonesia Maju dengan Menyebarkan Konten Positif dan Kreatif www.selamethariadi.com (1)
Suasana acara (dok. pribadi)

Sebarkan Konten Positif!

Media Sosial kian berkembang. Banyak konten tiap hari yang berseliweran di media sosial. Sebagai pengguna Media SOsial kita perlu memilah informasi yang baik dan tepat untuk dikonsumsi. Pun juga perlu menahan diri dalam menyebarkan konten yang dianggap kurang berfedah atau cenderung negatif.

Setidaknya begitulah gambaran dari Sambutan kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Malang membuka sambutan awal Acara Flash Blogging dengan tema Menuju Indonesia Maju. Sambutan beliau dibacakan oleh perwakilan Diskominfo kota Malang, karena kepala Diskonminfo kota Malang sedang ada hal lainnya sehingga tak sempat hadir.

Dalam sambutannya pula disampaikan pentingnya blogger dalam mendukung informasi di dunia maya. Blogger sebagai jembatan menyebarkan informasi positif bagi masyarakat. Blogger pula memiliki peran yang sangat penting agar apa yang ditulisnya bisa bermanfaat bagi khalayak ramai.

Selepas sambutan kepala Diskominfo, dilanjutkan dengan Sambutan sekaligus Pembukaan Acara Flash Blogging:Menuju Indonesia Maju dari Bapak Deden Suryanandika dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Indonesia.  Dalam Sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya menangkal Hoaks.

Berkembangnya media sosial perlu dipahami bersama untuk bisa menyaring informasi yang diterima. Informasi yang berkembang ada yang bersifat hoaks atau berita bohong sehingga membuat suasana masyarakat menjadi kurang nyaman.

Pesan pak Deden tentang menangkal hoaks ini dirasa memang adalah hal yang penting. Kepolisian pula bertindak dengan baik akan mereka yang menyebarkan hoaks. Akhir-akhir ini bisa dilihat dari berita tentang tertangkapnya kelompok penyebar hoaks.

Melihat hal ini, kita sebagai pengguna media sosial perlu menyebarkan konten yang positif. Dengan menyebarkan konten yang positif, maka akan bermanfaat bagi kita pribadi dan masyarakat semuanya. Hal ini juga telah diatur dengan undang-undang ITE.

Selepas sambutan-sambutan diisi dengan doa bersama untuk kelancaran acara. Selepas itu ada hal yang asyik dilakukan yakni ada Selfie bersama, atau welfie yakni foto bersama. Ada hal yang menarik yakni ada permintaan Boomerang dari pihak penyelenggara. Ini menjadikan acara semakin cair dan santai.

Menuju Indonesia Maju dengan Menyebarkan Konten Positif dan Kreatif www.selamethariadi.com (5)
Mbak mira Menyampaikan Manfaat Blog (dok. pribadi)

Menulis dengan Kreatif

Mbak Mira Sahid membuka sesi ke-1 Acara Flash Blogging:Menuju Indonesia Maju. Beliau menyampaikan pentingnya blogging dan perkembangannya. Beliau awalnya mengenalkan diri sebagai Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB).

Selain Founder KEB beliau juga anggota komunitas Tangan di Atas, dan menyukai Yoga. Beliau sudah menjadi Blogger sejak 2008. KEB yang beliau dirikan telah mencapai 3000-an anggota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Banyak peluang bagi Blogger di jaman sekarang. Seperti adanya iklan produk, adsense, digital marketing dan lain sebagainya. Beliau memberikan saran untuk menjadi blogger yang memiliki kategori tertentu.  Misal Food Blogger, Travel Blogger hingga Lifesty Blogger.

Wanita penyuka warna Ungu ini menyampaikan menulis di dalam blog perlu menulis dengan Kreatif. Proses kreatif ini dimulai dengan rajin membaca dan menulis. Kreatif adalah hal yg bisa dinaikkan yang berbeda dari yang lain.

Perlu pula ada kiblat Niche blogger agar bisa mempengaruhi kita sebagai blogger. Blogger yang mempengaruhi kita ini akan membuat kita menulis dengan semangat pula. Yang membedakan blogger satu dengan lainnya adalah story Telling-nya. Cara menyampaikan cerita tiap blogger memang perlu gaya kreatifnya sendiri.

Efek Visual juga mendukung proses kreatif dalam menulis di Blog. Efek ini bisa berupa foto atau video. Tak perlu kamera keren semacam DSLR, namun juga bisa menggunakan smartphone yang kita miliki. Banyak aplikasi di smartphone yang bisa digunakan untuk mendukung efek visual kreatif dalam blogging.

Menulis dengan menggunakan 5W1H merupakan hal penting agar mudah dipahami pembaca. Pun juga adanya inner link juga bermanfaat mendukung blog kita. Dengannya pembaca blog akan mudah mendapatkan informasi sejenis sesuai dengan yang dibacanya.

 

Menuju Indonesia Maju dengan Menyebarkan Konten Positif dan Kreatif www.selamethariadi.com (7)
Pembangunan Infrastruktur Pemerintah di Indonesia (dok. pribadi)

Menuju Indonesia Maju dengan Konten Positif dan Kreatif

Sesi ke-2 disampaikan oleh Pak Handoko sebagai Tim komunikasi Presiden tentang kampanye Positif. Ada putra daerah dari Aceh dan Papua yang mendapat kesempatan berbincang dengan Pak Handoko. Mereka pun menceritkan tentang kondisi kampung halamannya saat ini.

Kepala Tim Komunikasi Presiden meminta maaf karena tak bisa hadir. beliau pun menyampaikan permohonan maafnya lewat video yang ditampikan. Ada hadiah payung bagi peserta termuda dan tertua sesuai arahan Kepala Tim Komunikasi Presiden melalui videonya.

Pak Handoko menyampaikan banyak program Pemerintahan Pak Jokowi yang telah dicapai untuk Indonesia Maju.  Mulai dari pengalihan subsidi BBM (Bahan Bakar Minyak) ke sektor lainnya. Seperti pembangunan gerbang batas Indonesia agar kita lebih dihargai Negara lainnya.

Pak Handoko menyampaikan tentang channel Sudut Istana di Youtube sebagai proses memberikan informasi tentang Istana dan hal yang melingkupinya. Beliau juga menyampaikan Pak Jokowi yang merupakan Presiden yang aktif di media sosial. Masyarakat bisa memantau kegiatan Presiden Jokowi di media sosial beliau.

Menyebarkan konten Positif dengan cara yang kreatif adalah hal penting saat ini. Menuju Indonesia Maju lebih baik, banyak hal yang baik dari Indonesia yang perlu disebarkan ke khalayak ramai. Sikap positif akan menumpuhkan semangat menjalani hidup bagi masyarakat. [SH]

 

 

 

Agung Han

Hoax bisa diputus rantai, apabila kita tidak share konten yg kita terima tanpa chroschek ya kak.
Apalagi tahun politik sekarang, musti lebih ati ati 🙂

Silvia Putri

Bagus nih, Jadi kita sebagai orang yang suka ngblog, patut banget tahu rambu-rambu. Jangan sampai menyebarkan berita yang belum tentu kebenarnya.

Wian

Makanya skrg sebisa mungkin aku gak gampang nyebarin lagi berita2 yang bnyk banget ak terima di wag. Krn ya itu, aku sendiri blm yakin apakah itu hoax atau bukan.

Liswanti

Setuju banget nih. Berita hoax itu sangat menganggu sekali, maka kita harus perbanyak share konten positif. Apalagi jelang pilkada dan pilpres suka ngeri.

kurnia amelia

Lebih baik menyebarkan kontrn positif ya kak daripada hoax, catatan banget nih buat kita juga jangan gampang suka nyebarin berita2 yang belum tentu kebenarannya juga.

Anesa Nisa

Becuuuull.. Harus banyak saring nih kalau baca sesuatu sekarang ini. Banyak referensi supaya.banyak pandangan dan bisa minimalisir hoax

Aliyul Murtadlo

Selamat mas atas menangnya lomba blogging.
Sejak acara kemaren, saya jadi terinspirasi unuk lebih sering dan lebih sesius dalam dunia blogging.
Jika berkenan, boleh blogwalking ke blog saya.

siti mudrikah

hoax memang agak susah di berantas, maka itu kita perlu jadi orang yg bijak di media sosial. Wah ada mba mira, pasti tips bloggingnya keren ya. semoga kita sbg blogger bis menjadi penyampai informasi yang bermanfaat, dan stop hoax.

Your email address will not be published. Required fields are marked *