Quantum Teaching (Mengorkestrasi Kesuksesan Siswa – Chapter 1)

Mengajar ada banyak cara, banyak metode yang berkembang sebenarnya adalah metode yang dikembangkan dari pengalaman atau kreatifitas pada kondisi yang terjadi dalam belajar-mengajar. Salah satuny adalah Quantum Teaching, bukan Quantum Ikhlas, Quantum Learning atau Quantum of Solace. Hehe…

Quantum Teaching: Mengorkestrasi Kesuksesan Siswa

Quantum Teaching dikembangkan berdasarkan teori-teori pendidikan seperti Accelerated (Lazanov), Multiple Intelegent (Gardner), Neuro-Linguistic Program (Grinder dan Bandler), Experiental Learning (Hahn), Socratic Inquiry, Cooperatif Learning (Johnson dan Johnson) dan Element of Effective Instruction (Hunter). Quantum Teaching dimulai di SuperCamp yang digawangi oleh Bobbi DePorter.

Asas Utama Quantum Teaching

Sandaran Quantum Teaching adalah konsep “Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka”. Mengajar adalah hal yang harus diraih dan diberikan oleh siswa bukan Departemen Pendidikan. Belajar dari segala definisinya adalah kegiatan full-contact.

Dengan kata lain, belajar melibatkan semua aspek kepribadian manusia (pikiran, perasaan dan bahasa tubuh) di samping pengetahuan, sikap dan keyakinan sebelumnya serta persepsi masa mendatang. Dengan demikian karena belajar berurusan dengan orang secara keseluruhan, hak untuk memudahkan belajar tersebut harus diberikan oleh pelajar dan diraih oleh guru. Jadi masuki dulu dunia mereka.

Prinsip-prinsip Quantum Teaching

Quantum Teaching memiliki lima prinsip atau kebenaran tetap, yakni:

  1. Segalanya Berbicara

Segalanya dari lingkungan kelas hingga bahasa tubuh Anda

  1. Segalanya Bertujuan

Semua yang terjadi dalam penggubahan Anda mencapai tujuan

  1. Pengalaman sebelum pemberian nama

Proses belajar paling baik terjadi ketika siswa telah mengalami informasi sebelum mereka memperoleh nama untuk apa yang mereka pelajari.

  1. Akui setiap Usaha

Siswa patut mendapat pengakuan atas kecakapan dan kepercayaan diri mereka.

  1. Jika Layak Dipelajari, maka Layak Pula Dirayakan!

Perayaan ialah sarapan pelajar juara, perayaan memberi umpan balik mengenai kemajuan dan meningkatkan asosiasi emosi positif dengan belajar.

.

Judul Buku: Quantum Teaching
Penulis: Bobbi DePorter, Mark Reardon & Sarah Singer-Nourie
Penerbit: Kaifa Learning
Chapter: 1
Pembuat Resume: Hariadi IM1

Selamet Hariadi

SelametHariadi.com search terms:

  • mengorkestrasi kesuksesan siswa

Your email address will not be published. Required fields are marked *