Travelling Kesasar di Tempat Asal Kali Brantas

Travelling namun Apa yang Anda lakukan jika kesasar? Sebagian orang akan menjawab kembali ke jalan awal atau menemukan jalan lain menuju tempat yang dituju. Kesasar juga terjadi pada kami para Blogger Kompasiana Malang (Bolang) yang beberapa waktu lalu melakukan Gathering Bulanan yang kali ini mengambil tempat di Batu tepatnya rumah mbak Eren yang dijadikan Homestay. Para Bolanger berancana menikmati keindahan “Pura Luhur Giri Arjuno”, namun kesasar ke tempat lain. Namun, ada banyak hal asyik di balik kesasarnya kami ini… 

 

Arboretum

Saat sampai di tempat yang dituju saya mencari-cari dimana letak Pura tersebut. Namun yang tertulis di dekat kendaraan kami berhenti adalah Arboretum. Saya kira mungkin letak pura masih masuk lagi dan ini hanyalah tempat luar saja. Namun setelah bertemu dengan pekerja di tempat tersebut, ternyata kami salah tempat tujuan.

Tempat yang kami datangi ini adalah bukan tujuan kami sebenarnya yakni “Pura Luhur Giri Arjuno”. Melainkan Arboretum Sumber Brantas seperti di papan namanya. Kesejukan tentu menjadi hal lumrah di tempat ini dengan banyak tumbuhan.

Sampai di tempat ini selain menemui papan bertuliskan Arboretum di gerbang awalnya, kita juga akan menemui sebuah komplek rumah dengan berisikan semacam tempat meeting, kamar-kamar dan toilet. Selepas itu kita akan menjumpai banyak pohon dan tanaman yang dirawat di Arboretum ini.

 

Hutan Buatan

Kalau menilik pengertiannya, Arboretum ialah semacam kebun botano yang berisikan koleksi berbagai jenis tumbuhan. Hal inilah yang kita temui di Arboretum di kawasan Batu ini. Berbagai jenis tumbuhan diberi nama, beberpaa kompasianer sempat salah mengira sebuah pohon dan tulisan di pohon tersebut membantu menjelaskan apa nama pohonnya.

Menurut pekerja yang ada, tempat tersebut merupakan hutan buatan. Pengaturan pepohonan yang rapi dengan disertai jalan-jalan untuk menyusuri hutan buatan ini. Meski beberapa Pohon juga ada yang tumbang, bisa jadi karena cuaca yang belakangan ini.

Tempat untuk mengaliri air pun ada di tempat ini menandakan pengaturan sirkulari pengairan yang tertata. Namun terlihat banyaknya tumbuhan rambat dan lumut menyebabkan kurang terawat, aliran air pun mungkin akan terhambat olehnya.

 

Tempat Asal Kali Brantas

Jika kita menyusuri Arboretum ini terus ke dalam kita akan menemui sebuah sumber mata air. Tak seperti mata air umumnya, ternyata mata air tersebut bertuliskan “Dari tempat ini berasan air kali Brantas”.

Menurut keterangan pekerja di Arboretum, air yang ada di tempat tersebut bisa diminum. Bahwan ada warga yang membawa alat untuk menampung air dan dibawa pulang untuk kebutuhan air mereka. Merasakan air tersebut untuk mengusap wajah terasa sangat nyaman. Airnya pun jernih sekali, memberikan keindahan tersendiri.

 

Tempat Rekreasi dan Pembelajaran

Tempat ini bisa disebut sebagai tempat rekreasi dan pembelajaran tentang kehidupan. Pengetahuan tentang tumbuhan yang banyak ragam bisa jadi nilai tambah tersendiri tempat ini dibanding lainnya. Kesejukan pun menjadi suasana nyaman berada di tempat ini.

Bila Anda berniat berkunjung ke tempat ini dalam kurun waktu setengah hari atau lebih dengan berkompok/rombongan maka disarankan untuk meminta izin ke Perum Jasa Tirta Kabupaten Malang sebagai pengelolanya. [SH]

SelametHariadi.com search terms:

  • kompasiana 27082015
  • simbol spbu pada area coverage
  • trx tidak di perbolehkan di maybank
  • video alat canggih deteksi kekayaan alam

Leave a Reply