Donasi Mesin Apheresis bukti Tanggung Jawab Sosial Prudential

Apa itu Apheresis? Bagaimana cara menggunakan Mesin Apheresis? Ehm.. sebagian orang mungkin belum memahami tentang Apheresis dan mesin Apheresis. Berikut ulasannya…

Donor Donasi Mesin Apheresis Prudential Indoensia www.selamethariadi.com
Ilustrasi Apheresis dan Mesin Apheresis (dok.pparesearch)

Apa itu Apheresis?

Ada yang tahu apa itu Apheresis? Bagi sebagian orang yang awam mungkin tak jamak mendengar kata-kata ini. Bisa jadi ini adalah kata yang baru bagi sebagian orang. Sebagian besar orang mungkin belum mengetahui atau mendengar penjelasan tentang Apheresis.

Apheresis adalah penerapan teknologi pada pengambilan komponen darah dari pendonor darah. Teknologi yang digunakan adalah mesin Apheresis. Jadi tak semua komponen yang ada di dalam darah diambil semuanya. Bisa jadi menggunakan Mesin Apheresis, komponen yang diambil hanyalah trombositnya saja.

Proses donor darah Apheresis cenderung lebih lama dari donor darah bukan Apheresis. Waktunya sekitar 1 sampai 2 jam. Bandingkan dengan donor darah biasa yang membutuhkan waktu sekitar 10 menitan. Perbedaan ini karena pada pengambilan komponen darah. Jika donor darah biasa mengambil seluruh komponen darah, sedang donor Apheresis mengambil sebagian komponen darah saja.

Waktu pulih untuk pendonor darah Apheresis lebih cepat. Seperti Trombosit yang yang didonorkan bisa kembali sekitar 2 hari. Itu karenanya pendonor Apheresis bisa melakukan donor lebih sering karena hanya sebigian komponen darah saja yang diambil.

 

Donasi Mesin Apheresis Prudential Indoensia adalah www.selamethariadi.com
Donasi Mesin Apheresis Prudential Indoensia (dok. Prudential)

Donasi Mesin Apheresis, Tanggung Jawab Sosial Prudential Indonesia

Selepas mengetahui manfaat donor Apheresis, maka Mesin Apheresis sebagai media yang membantu donor darah Apheresis juga sangat penting. Prudential memiliki kepedulian akan hal ini. Oleh karenanya Asuransi pilihan masyarakat ini memiliki kepedulian sebagai tanggung jawab sosial akan Apheresis.

Atas tanggung jawab sosialnya inilah Prudential Indonesia tergerak melakukan donasi. Prudential Indonesia secara resmi menyerahkan sebuah mesin Apheresis kepada Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) yang akan digunakan di Rumah Sakit Universitas Hasanudin, Makasar.

Ini merupakan wujud komitmen Prudential Indonesia untuk terus berfokuss kepada perlindungan kondisi kritis. Donasi mesin Apheresis untuk membantu anak-anak penderita kanker ini merupakan ke-enam kalinya yang dilakukan Prudential Indonesia melalui kerja sama dengan YOAI.

Darah itu penting, apheresis juga penting dalam proses donor darah. Mesin Apheresis sendiri merupakan penunjang penyembuhan berbagai jenis kanker. Ada tiga aspek tanggung jawab sosial Prudential Indonesia, yakni pada Pendidikan, kesehatan dan kesiapan penanggulangan bencana.

Donasi Mesin Apheresis ini merupakan Tanggung jawab sosial Prudential Indonesia dalam aspek Kesehatan. Selain di Rumah Sakit Universitas Hasanudin, Makasar ada banyak rumah sakit yang mendapat donasi Mesin ini. Berikut List rumah sakit yang telah menerima Mesin Apheresis dari Prudential:

  1. RSKD Dharmais, Jakarta
  2. ?RSUD Dr. Soetomo, Surabaya
  3. ?RSUP Sanglah, Denpasar
  4. RS dr. Cipto Mangukusumo, Jakarta
  5. ?RSUP dr. Sardjito, Yogyakarta
  6. ?Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung
  7. RS Universitas Hasanudin, Makassar

Peran Prudential Indonesia dalam aspek pendidikan adalah perannya dalam membangun fasilitas pendidikan di Indoensia. Hal ini seperti bantuannya pada Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) yang membina anak-anak cacat. Prudential Indonesia juga memberikan perhatian pada sekolah ramah anak di papua.

Sedang dalam tanggung jawab sosial Prudential Indonesia pada aspek Kesigapan penanggulangan bencana adalah kesigapan dalam mengalirkan bantuan pada bencana di Indonesia. Hal ini seperti yang terjadi di Tsunami Aceh hingga Gunung Sinabung.

Indonesia adalah Negara besar. Peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk saling menguatkan Indonesia lebih besar dan sejahtera. Peran Prudential Indonesia layak diberikan apresiasi. Semoga semakin menguatkan Bhinneka Tunggal Ika-nya Indonesia. [SH]

 

 

 

frida anggraeni

suamiku pernah ni…donor dg metode ini…lumayan lama…dan pascanya agak nggliyeng dari pada donor sbelumnya…keren nih pruden…paling top deh pruden ini

Your email address will not be published. Required fields are marked *