Tata Cara/Niat Puasa Sunnah di Bulan Syawal 6 Hari

Selepas Puasa Ramadhan, kita tentunya perlu menyiapkan Niat Puasa Sunnah di Bulan Syawal. Ada banyak keutamaan Puasa Syawal. Lalu, Puasa Syawal berapa hari? Kita bisa perhatikan hadits berikut:

 

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal,
maka dia berpuasa seperti setahun penuh.

(HR. Muslim no. 1164).

Dalam Hadits tentang Puasa Syawal 6 Hari di atas, menyiratkan bahwa adanya keutamaan seperti puasa setahun penuh. Hal inilah yang kemudian banyak ummat Islam yang melaksanakannya.

Tata Cara Niat Puasa Sunnah di Bulan Syawal 6 Hari www.SelametHariadi.com
Ilustrasi (dok. pribadi)

Bulan Syawal adalah bulan kesepuluh dalam penanggalan hijriyah dan penanggalan Jawa. Pada tanggal 1 Syawal, umat Islam merayakan hari raya Idul Fitri sebagai perayaan setelah menjalani puasa pada bulan sebelumnya yakni bulan Ramadan.

 

Niat Puasa Sunnah di Bulan Syawal

Keutamaan yang besar ini selayaknya dibarengi dengan niat yang benar. Jiwa yang ikhlas memang menjadi hal yang semoga bisa kita miliki dalam menjalankan setiap ibadah kepada Allah. Berikut Niat Puasa Sunnah di Bylan Syawal yang sudah cukup umum di masyarakat.

Niat Puasa Sunnah di Bulan Syawal 6 Hari www.selamethariadi.com

 “Saya niat berpuasa 6 hari di bulan Syawal karena Allah Ta’ala”

Masya Allah… Nabi Muhhammas shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda seperti hadits di atas, bagi yang berpuasa Ramadhan dengan sempurna lantas mengikutkan puasa 6 hari di bulan Syawal, maka ia akan mendapatkan pahala puasa  satu tahun penuh.

Tata Cara Puasa Sunnah Syawal

Melihat keutamaannya, puasa syawal selayaknya bisa kita lakukan.  Berikut tata cara Puasa Syawal yang saya dapat dari kiriman email dari Daarul Qur’an dengan sedikit perubahan:

  1. Puasa Sunnah Syawal dilakukan selama 6 (enam) hari di bulan syawal.
  2. Lebih utama dilaksanakan sehari setelah Idul Fitri (1 syawal) yakni pada 2 syawal, namun tidak mengapa jika diakhirkan asalkan masih di bulan Syawal.
  3. Lebih utama dilakukan secara berurutan (jika dimulai senin, maka dilanjutkan dengan selasa dan seterusnya sampai enam hari) namun tidak mengapa jika dilakukan tidak berurutan.
  4. Usahakan untuk menunaikan qodho’ puasa terlebih dahulu agar mendapatkan ganjaran puasa Syawal yaitu puasa setahun penuh.
  5. Boleh melakukan Puasa Syawal pada hari Jum’at dan hari Sabtu.

 

Menggabung niat Puasa Syawal dengan Puasa Senin Kamis

Pada bulan Syawal, tentunya kita menemui hari senin dan kamis. Pada kebiasaan ummat Islam ada yang berpuasa di hari tersebut atau memang sudah menjadi kebiasaannya berpuasa. Lalu bagaimana jika menggabungkan niat puasa syawal dengan puasa senin kamis?

Selayaknya karena hal ini berbeda ada baiknya niat puasa syawal dan puasa senin kamis tak digabung. Jika memang mengharapkan faidah dari puasa senin kamis tentu tak mengapa, namun sebaiknya puasa syawal-lah yang menjadi utama dalam niat puasanya.

 

Melihat besarnya keutamaan puasa syawal, sebaiknya kita dapat melaksanakannya. Semoga Allah memudahkan dan memampukan kita semua untuk bisa berpuasa syawal 6 hari serta dapat menikmatinya. Semangat Puasa Syawal! [SH]

SelametHariadi.com search terms:

  • pilem bokeb
  • tata cara puasa sunnah bulan syawal
  • tata cara puasa sunat
  • tata cara berniat puasa sunnah
  • semangat syawal
  • atas niat puasa syawal 6
  • noat piasa 6 hari di bulan syawal
  • niat puasa hari selasa di/bulan syawal
  • niat puasa bulan
  • niat buku puasa sunat syawal
  • www puasa dibulan syawal kesembilan com

Your email address will not be published. Required fields are marked *