Tips Berburu Beasiswa di Universitas bagi Mahasiswa

Beasiswa adalah salah satu hal yang dicari banyak mahasiswa. Setidaknya adalah mahasiswa yang ingin biaya kuliahnya tak ditanggung oleh orang tua. Lalu adakah tips jitu agar bisa mendapat beasiswa saat kuliah? Berikut beberapa tips jitu yang bisa digunakan.

 

Acer Day 2018 laptop Notebook Indonesia www.selamethariadi.com

Selalu Cek Mading Fakultas dan jurusan

Informasi di Majalah Dinding Fakultas dan jurusan adalah informasi yang penting. Beragam informasi ditampilkan disana. Mulai dari pengumuman perkuliahan, jadwal perkuliahan, nilai-nilai yang perlu diketahui mahasiswa, informasi seminar, pelatihan atau workshop, informasi Praktek kerja Lapangan hingga informasi tentang beasiswa.

Pengumuman atau informasi beasiswa yang ditempel di mading adalah hal penting untuk diketahui. Pihak admin fakultas atau jurusan biasanya mendapat akses ini untuk disampaikan kepeda mahasiswa yang ada di kampus tersebut.

Informasi ini biasanya dibubuhi stempel resmi fakultas atau kampus. Hal ini menandakan pengumuman tersebut adalah pengumuman atau informasi yang resmi dan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Perlu diketahui bahwa ada pula tempelan pengumuman atau informasi beasiswa namun belum jelas siapa pemasangnya dan jelas dari siapa jika belum diverifikasi oleh admin fakultas dan jurusan.

Informasi beasiswa yang ditempel di majalah dinding fakultas atau jurusan ini biasanya tak lama dipasang. Dalam hitungan hari saja biasanya sudah dilepas oleh admin fakultas dan jurusan. Jadi, perlu tetap sigap melihat dan menelaah informasi beasiswa yang ada di Mading ini,

Perlu juga dilihat persyarakatannya dengan jelas. Agar apa yang diajukan sesuai dengan kemampuan. Misalnya Indeks Prestasi atau IP yang diminta, hingga persyarakatan lainnya. Beasiswa biasanya ada yang untuk mahasiswa kurang mampu dan untuk mahasiswa yang berprestasi. Simak dengan jelas apa yang ditulis dalam persyarakat mengajukan beasiswa.

partner belajar bahasa inggris
ilustrasi conversation (dok. prixabay)

Cek validitas Informasi Beasiswa

Hal pentign berikutnya adalah cek validitas informasi atau pengumuman beasiswa yang dipampang di mading fakultas atau jurusan. Cara melakukan cek validitas ada banyak cara. Yang yang penting di awal untuk mengecek validitas adalah dengan menanyakan informasi tersebut ke admin fakultas atau jurusan dimana mading tersebut berada.

Admin yang bertugas menempel informasi atau pengumuman di Mading tentunya memahami hal ini. tak sembarang menempel informasi tanpa cek dan ricak terlebih dahulu. Oleh karenanya mereka akan tahu apakah informasi ini benar atau tidak.

Admin fakultas atau jurusan biasanya membantu dengan menyiapkan form yang dibutuhkan mahasiswa untuk mengajukan beasiswa yang ditempel di mading. Jadi bertanya ke admin adalah hal bijak yang perlu awal ditempuh. Mereka juga memberikan arahan atau informasi apakah waktu mahasiswa untuk mengajukannya mencukupi atau tidak. Karena biasanya waktu untuk memenuhi kebutuhan syarat beasiswa sangat mepet maka perlu diukur kemampuan diri tiap mahasiswa dalam mengurus persyaratannya.

Selanjutnya, cek pula di website apakah benar ada beasiswa seperti yang ditawarkan di mading fakultas atau jurusan. Hal ini adalah hal lumrah, bila informasi beasiswa ini benar maka tentunya terpampang pula di website tempat instansi tersebut mengajukan.

Bertukar informasi dengan teman

Berteman di kampus adalah hal penting. Ini salahs atu tips berbeuru beasiswa yang penting pula, layaknya cek harga di iprice. Kita akan akan mendapat informasi tentang beasiswa pula dari teman. Hal ini tentu bisa saja, bila mereka lebih dulu tahu dibanding kita. Pun juga sebaliknya, kita perlu juga berbagi informais beasiswa kepada teman kita jika mengetahuinya terlbih dahulu.

Inilah kekuatan pertemanan. Saling berbagai informasi dan cara memenuhi syarat pengajuan beasiswa yang ada. Akan terasa ringan jika mengajukan bersama-sama. Lalu sama-sama dapat beasiswa tentu sangat menyenangkan kan.

 

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.