Praxis Game, Permainan Literasi Keuangan

Suka dengan game? Sudah Tahu Praxis Game? Ini bukan sembarang game atau permaian, karena berhubungan dengan keuangan. Uang yang digunakan layaknya uang permainan monopoli, jadi bukan uang sungguhan yang dikeluarkan Bank Indonesia. Saya dulu sewaktu akan membuat sebuah acara sempat mau menggunakan game ini sesuai rekomendasi tim, namun tak sempat kesampaian.

Sewaktu Kompasiana Nangkring di Surabaya 14 Juli 2017 kemarin, game ini menjadi pembuka acara yang asyik. Praxis Game adalah sebuah permainan keuangan. Game ini secara umum hampir sama dengan monopoli, mudahnya pengembangan dari game monopoli. Intinya game tentang literasi keuangan, bisa pula Manajemen/Mengatur Keuangan.

Literasi biasanya diidentikkan dengan membaca, namun hal lain juga bisa berhubungan dengan literasi. Seperti Literasi informasi yang merupakan kemampuan untuk tahu kapan ada kebutuhan untuk informasi, untuk dapat mengidentifikasi, menemukan, mengevaluasi, dan secara efektif menggunakan informasi tersebut untuk isu atau masalah yang dihadapi.

Praxis Game Permainan Literasi Keuangan www.SelametHariadi.com (1)
Praxis Game (dok. pribadi)

Praxis Game, Permainan Literasi Keuangan

Cara Main Praxis Game perlu perhatian khusus bagi yang belum pernah mengenal game ini. Memang cukup mudah jika sudah mengerti. Jumlah pemain bisa disesuaikan, umumnya 7 orang dengan ada yang sebagai pengatur jalannya permainan. Mengatur permainan ini seperti menjelaskan instruksi, membagikan uang dan menetapkan peraturan serta tindakan yang sesuai.

Permainan ini dilakukan secara berkelompok. Ada kelompok lain yang didampingi pengatur permainan dengan kelompoknya masing-masing. Di sisi lain ada orang lain yang menjelaskan secara umum jalannya permainan dan mengatur ritme permainan. Seperti suasana ekonomi yang mempengaruhi jalannya permainan.

Praxis Game Permainan Literasi Keuangan www.SelametHariadi.com (2)

Pertama-tama diawali dengan penjelasan secara umum tentang Praxis. Masing-masing peserta game diajak memasuki dunia praxis. Gambaran seperti layaknya di dunia nyata. Pemain dipersilahkan memilih semacam bidak untuk berjalannya mengelilingi alur game.

Setelah memilih bidak, pemain dibagikan jenis pekerjaan dan gaji serta hal yang berkaitan dengannya. Layaknya di dunia nyata setiap pemaian  mempeoleh pekerjaan dengan tanggungan lainnya yang berhubungan dengan pekerjaannya. Seperti pajak hingga hal lainnya.

Ada tiga dadu yang menjadi landasan untuk tiap pemain menjalankan jumlah langkah bidaknya. Dalam perjalanan ada beberapa hal yang harus dilewati dan akan ditemui tiap pemaian. Tempat ini berbagai macam, yang intinya memberikan pilihan untuk tiap pemain memberikan tindakan.

Seperti property, ada tawaran untuk beli property. Harga property ini tergantung masa pula, yang akan berbeda tergantung kondisi ekonomi yang diintruksikan oleh pengatur permainan. Ada pula kotak tabungan, asuransi, saham dan pilihan lainnya. Untuk awal putaran permainan, tabungan dan asuransi diharuskan melakukan transaksi 2 x $100. Fasilias hutang juga disediakan, setiap pemain yang berhutang akan diberikan kartu hutang dan tanda semacam tanduk yang selayaknya dipasang di kepala.

Praxis Game Permainan Literasi Keuangan www.SelametHariadi.com (5)
Uang di Praxis Game (dok. pribadi)

Untuk Tabungan akan ada laba atau bunga sebesar dua kali jika memiliki kartu tabungan berjumlah 5 atau lebih. Sedang untuk asuransi akan membantu saat dibutuhkan. Misal kita berhenti di asuransi dan mengocok dadu, jika dadu sama akan masuk rumah sakit dan harus berhenti bermain sesuai catatan. Kartu asuransi akan membantu untuk mengurangi masa berhenti ini, tiap kartu bernilai 1 kali.

Saham untuk putaran pertama belum dibuka. Selepas putaran permaianan yang pertama, saham bisa dipilih untuk dibeli atau dijual oleh pemain dengan bantuan pendamping permainan di tiap kelompok. Pilihan saham secara garus besar ada 3 resiko. Pilihan resikonya mulai rendah, sedang dan tinggi.

Praxis Game Permainan Literasi Keuangan www.SelametHariadi.com (4)
Pilihan Saham berdasar Tiga Resikonya di Praxis Game (dok. pribadi)

Bagaimana cara menang Praxis Game?

Praxis Game didesain layaknya di dunia nyata. Meski mungkin ada hal yang dihilangkan dalam alurnya. Kondisi ekonomi yang berubah sesuai intruksi pengatur permainan. Hal ini akan mempengaruhi jalannya permainan. Seperti naik-turunnya saham hinggal hal-hal lainnya yang bisa saja menguntungkan atau merugikan jika tak menggunakan strategi yang tepat dalam bermain.

Lalu, bagaimana agar bisa menang dalam Praxis Game. Selepas permainan, pendamping kelompok saya memberikan cara dalam bermain Praxis Game. Investasi dalam Praxis Game memang diperlukan, namun harus memahami pula resikonya. Seperti harga property juga bisa turun tergantung kondisi ekonomi. Pun demikian harga saham yang tergantung resikonya.

Khusus saham, beliau menyarankan untuk membeli saham campur. Hal ini jika ada satu saham yang turun, ada cadangan saham kita lainnya yang bisa dipakai pegangan.  Praxis Game memang sangat menarik, namun strategi untuk bisa bermain dengan baik juga diperlukan. Semangat bermain, jangan terlena akan permainan! [SH]

Your email address will not be published. Required fields are marked *