Cara Marketing Kreatif Outlet Meningkatkan Penjualan

Cara marketing kreatif adalah kebutuhan di era kini. Di berbagai lini usaha dan bisnis. Salah satu cerita inspiratif adalah dari Mbak Yunisa Afiani dalam mengembangkan usahanya. Bagaimana ceritanya? Simak ulasan singkatnya berikut…

Cara marketing kreatif Outlet meningkatkan penjualan sumuxcell selamethariadi 2
sumux cell (dok. sumuxcell)

Sobat kreatif: Menghias Outlet, Meningkatkan Branding

Sumux Cell adalah salah satu outlet di Jepara yang fokus penjualannya pada starter pack/kartu perdana, isi pulsa, paket data, dan berbagai hal yang berhubungan dengannya. Banyaknya outlet yang juga menjual hal serupa membuatnya perlu selalu berfikir kreatif dan inovatif.

Dari cerita beliau, dari awal outlet yang kecil saat ini sudah berkembang menjadi cukup luas dan nyaman. Beragam hal untuk mengembangkan usaha dijalankan beliau. Salah satunya adalah mengikuti perlombaan yang digelar Smartfren medio Juli sampai Agustus 2020.

Nama lombanya adalah “Sobat Kreatif’. Initi dari perlombaan ini adalah kreatifitas masing-masing outlet untuk menghias outlet mereka menjaid menarik bagi pengunjung. Tujuannya tentunya juga untuk meningkatkan penjualan dan menguatkan branding Outlet tersebut.

Ihwal tersebutlah membuat Sumux Cell berhias. Alasan karena ingin menambah user atau pelanggan masuk ke outlet. Lampu di outlet ditambah dan dihias sedemikian rupa. Kreativitas outlet untuk membranding outlet agar tampilan outlet lebih menarik tentunya berbuah hasil.

Tips menghias ala Sumux cell adalah display yang ada di outlet ditaruh depan, buat sampel. Jadi bukan stok yanga da di outlet ditaruh depan semua. Ini tentunya untuk menarik pelanggan kalua varian produk yang dijual lebih berwarna.

Cara marketing kreatif Outlet meningkatkan penjualan sumuxcell selamethariadi 2
Kreatifitas Outlet (dok.sumuxcell)

Tema yang diangkat Sumux Cell adalah 3 wanita Jepara. Ikon 3 wanita Jepara merupakan hal yang diangkat sumux cell. Bila kita masuk kota Jepara kita akan menemui sosol mereka dalam patung yang dipahat apik.

Ada tugu di jepara, bila merujuk Tugu Puteri Jepara adalah tugu yang terletak tepat di tengah persimpangan jalan. Monumen ini menggantikan bangunan yang semula berupa Bunderan Air Mancur serta Tugu Adipura yang terletak di bagian selatan.

Tugu Tiga Puteri Jepara berbentuk patung tiga tokoh perjuangan wanita dari Kabupaten Jepara yaitu Ratu Shima “Sang Pembeda dengan keadilannya”, Ratu Kalinyamat “Sang Srikandi dengan patriotisme” dan RA Kartini “Sang Pencerah dengan pelita ilmu dan pembuka tabir harkat kaum wanita”.

Budget yang dibutuhkan untuk menghias outlet tersebut kisaran 1 juta. Hal ini dilakukan karena memang sumux cell ingin menang dan menarik pengunjung. 1 mingguan konsep lalu direalisasikan. Target berikutnya jika ada lomba lagi ingin menang, demikian penjelas sang owner.

Dengan menghias outlet ini didapatkan hasil meningkatkan penjualan + volume user masuk ke toko + menambah penjualan. Adanya pandemic membuat kreatifitas ini menjadi ujian, dari sebelumnya 300-400 orang menjadi 200 (setelah pandemi).  Karena target sumux cell kebanyakan pabrik, dimana 3 hari masuk 4 hari libur. Salah satu hal lain yang dilakukan waktu pandemic adalah  jemput bola ke sekolah-sekolah.

 

Cara Marketing Kreatif Sumux Cell Berkembang

Ada mbak Yunisa Afiani sebagai owner sumux cell. Kuliahnya dulu di STAIN Kudus (sekarang IAIN Sunan Kudus), jurusan pendidikan. Ceritanya beliau dulu saat kuliah harus jual cincin warisan ibu karena saking tak punyanya biaya untuk kuliah. Jurusan yang diambil tentunya kurang kongruen dengan usaha yang digelutinya. Cerita lainnya dari beliau Ijazah kuliahnya ini belum diambil.

Mbak Yunisa Afiani memang dikenal ulet. Sejak SMA sudah punya blog. Lalu berkembang belajar yang lain di internet. seperti buat server pulsa. Nama Sumux sendiri diambil dari nama gabungan dari kedua orang tuanya. Sumux  berarti sutawi mukminah.

Awalnya jualan pulsa biasa, lalu berkembang seperti sekarang. Jumlah karyawan ada 25 orang. Marketing online juga merambah ke marketplace; ada toko shopee, tokopedia, blibli dan Lazada. Tantangan kedepan tim menurutnya adalah untuk tim online. Strategi marketing kreatif di online yang dilakukan masuk ke iklan-iklan, facebook, instagram.

Di shopee juga diiklankan. Setiap mengikuti follower selalui diberi cashback. Cerita beliau Pabrik besar saja masih menggunakan untuk iklan meski sudah terkenal. Yang melakukan iklan sumux tetap pada pemilik, namun yang pegang administrasinya adalah karyawan.

Aplikasi sumuxcell di play store untuk transaksi merupakan terobosan kreatif di dunia online. Sangat jarang outlet yang memperhatikan hal ini. Namun adanya aplikasi ini tentu untuk mendekatkan dan mempermudah pelanggan dalam bertransaksi. Bagaimana fren? Menarik ya perjlanan dan strategi yang dilakukan Sumux Cell.

 

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.