Mengenali Jenis Vitamin B, Mulai dari 1 sampai sampai 12

Sudah tahukah tentang vitamin B? Ternyata banyak Jenis Vitamin B yang kita ketahui. Cobalah cek di susu kemasan atau berbagai makanan yang mengandung vitamin B dalam kemasan. Berikut Jenis Vitamin B yang ada dan secara singkat manfaatnya.

 

Vitamin B1

Vitamin B1 atau Thiamine. Bermanfaat mengubah gula menjadi energi.

 

Vitamin B2

Atau disebut juga riboflavin yang bermanfaat untuk produksi energi dan kesehatan kulit.  Sebagian fungsi dan manfaat utama dari vitamin B2 adalah produksi energi dan kesehatan mata dan kulit. Selain itu, vitamin B2 juga membantu tubuh memetabolisme lemak, hormon steroid serta obat-obatan.

Pilihan Kacamata Berkualitas dan Pelayanan Terbaik di Optik Tunggal www.selamethariadi.com
ilustrasi (dok.optiktunggal)

Vitamin B3

Atau disebut juga niacin yang berguna untuk mengubah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energy. Tubuh mengubah vitamin B3 atau niasin menjadi koenzim yang disebut nicotinamide adenine dinucleotide (NAD).

 

Vitamin B5

Disebut juga dengan pantothenic acid yang berguna untuk produksi koenzim dan sel darah merah. Vitamin B5 dikenal juga dengan asam pantotenat yang bermanfat untuk memproduksi koenzim serta sel darah merah. Vitamin B5 dalam vitamin B kompleks ini juga diedarkan oleh sel darah merah yang berperan dalam proses energi dan metabolisme.

 

Vitamin B6

Nama lainnya pyridoxine, berguna untuk metabolisme asam amino. Dikenal pula sebagai piridoksin, salah satu manfaat vitamin B6 adalah membantu tubuh dalam metabolisme asam amino. Selain itu, salah satu vitamin B kompleks ini juga berperan dalam pemecehan karbohidrat dan lemak, perkembangan otak, serta sistem imun.

 

Vitamin B7

Dikenal dengan biotin, untuk mengatur DNA. Jika Anda pemerhati kecantikan, mungkin sudah akrab dengan biotin yang merupakan nama lain dari vitamin B7. Produsen produk kecantikan menambahkan biotin untuk suplemen rambut, kuku, dan kulit. Walau begitu, para ahli belum menyetujui terkait manfaat vitamin B7 untuk produk suplemen tersebut.  Jadi, layaknya hati-hati ya kalau ada suplemen yang mengandung vitamin ini.

 

Vitamin B9

Orang mengenalnya folic acid yang digunakan untuk perkembangan janin. Manfaat vitamin B9 adalah membantu dalam replikasi DNA, metabolisme vitamin, serta metabolisme asam amino. Tak hanya itu, vitamin ini juga berperan dalam pembentukan sel darah merah serta perkembangan sistem saraf janin bagi ibu hamil.

 

Vitamin B12

Dikenal dengan cobalamin, untuk membantu fungsi otak dan saraf. Vitamin B12 memiliki manfaat untuk produksi sel darah merah, sintesis DNA, serta fungsi otak dan sistem saraf. Vitamin ini juga berperan dalam metabolisme protein dan lemak.

 

Dimikianlah berbagai jenis dan manfaat vitamin B dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan tiap orang ya…

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.