SOFTWARE Cloud ERP Indonesia Penting Mendukung Desa Berdaya

Software Cloud ERP Indonesia merupakan kebutuhan untuk mengelola manajemen yang baik. Ini mengaca pada software yang ada dalam perusahaan kami perlu lebih baik. Ini pun akan menunjang Desa Berdaya nantinya.

Desa Berdaya, sebuah Impian

Desa Berdaya adalah sebuah impian besar saya dan sahabat saya dalam membangun perusahaan. Ya, semua dibangun mulai dari impian. Toh, dulu sahabat saya pun membangun bisnisnya dengan impian-impian. Pun begitu dengan saya, berawal dari impian-impian yang terwujud satu persatu.

Membahas tentang impian, membawa saya teringat tentang Pak Jamil Azzaini. Beliau dulu salah satu yang menginspirasi saya dengan Proposal Hidup-nya. Yes, buku beliau tentang proposal hidup memang sangat menginspirasi. Pun juga cerita salah seorang mahasiswa Indonesia yang mewujuadkan impiannya ke Jepang.

Saya putarkan video tentang mahasiswa ini pada siswa-siswi yang saya ajar di SMK kala itu. Mereka rata-rata antusias. Bahkan pada sekolah lain pun saya melakukan hal ini. Ini saat roadshow smart millenial atau influencer incubator beberapa waktu yang lalu. Mereka menulis rentetan impian mereka.

Pun hal itu hampir sama dengan Proposal Hidup ala Pak Jamil Azzaini. Namun lebih dirijitkan dan dibuat alur bagaimana bisa terwujud. Saya pun pernah memberi tahu tentang semangat buku ini pada para siswa dulu. Ada yang membuat juga proposal hidup, saya terhenyak. Pun lebih lagi, diantara mereka ada yang menemui pekerja di perusahaan dan juga memiliki buku tersebut.

Nah, kembali lagi ke Desa Berdaya. Ini adalah impian kami dalam membangun perusahaan. Bagaimana bisa memberdayakan desa dengan model bisnis yang tepat. Kita tahu banyak warga di desa yang kekurangan pekerjaan. Banyak yang lulus sekolah, namun menganggur. Menjelang akhir tahun kemarin yakni 2019, sudah memikirkan dan merencakan perwujudannya hal itu.

 

Langkah Wujudkan Desa Berdaya

Desa Berdaya, kampung berdaya  atau apalah namanya nanti merupakan impian yang diatur strategi perwujudannya. Akhir tahun saya dan sahabat saya mengunjungi Yogyakarta. Di kota istimewa ini, kami belajar tentang bagaimana menganalisa bisnis dan strategi online perusahaan kami. Belajar banyak tentang evaluasi dan bertemu dengan berbagai rekan membuat kami pun membuka jalan utuk reseller produk-produk premium yang baru.

Selepas dari kota Yogyakarta, kami melakukan evaluasi perusahaan. Atas saran, kami pun menyiapkan rekan di luar perusahaan sebagai konsultan kami. Diharapkan ada pandangan dari luar yang dapat membangun bisnis dan impian kami ke depan.

Beragam inovasi dibuat untuk membantu hal tersebut. Kami pun menyempatkan waktu selama sekitar sepekan untuk belajar kembali. Belajar kali ini adalah studi niru, kalau dibilang studi banding belum pantas karena belum ada yang bisa dibandingkan. Tujuan kami adalah kampong marketer Mas Novi di daerah Purbalingga Jawa Tengah.

Rencana tertata dengan apik. Persiapan pun dibuat ciamik untuk hal lebih baik. Kami memutuskan untuk membawa mobil sendiri dari pada menaiki transportasi umum. Ini lebih efektif bagi kami. Kami di akhir-akhir waktu akan berangkat ada rekan lainnya yang ikut serta.

Belajar selama sekitar sepekan di Purbalingga merupakan langkah berikutnya untuk perwujudan desa berdaya. Saya merasa takjub dengan kampung ini. Ada banyak orang diberdayakan menjadi customer service dan advertiser, serta yang lainnya. Rasanya ini merupakan contoh yang baik untuk memberdayakan desa.

Selain belajar, kami pun diajak untuk berbagi. Ya, berbagi ke kalangan yang kurang mampu di daerah pelosok negeri sana. Di desa ini ternyata masih banyak yang kekurangan. Saya menemui orang tua yang rumahnya di bawah tebing. Untuk turun dan naiknya juga tak biasa. Rasanya para pejabat perlu untuk setiap bulan menyampatkan ke pelosok negeri seperti ini.

Selepas dari Purbalingga, kami mendapati banyak gambaran menarik tentang pemberdayaan desa dan masyarakat. Kami pun mengkomunikasikan dengan tim di perusahaan. Pun juga dengan rekan kami di luar perusahaan.

 

Bisnis yang kian bertumbuh

Bisnis di bidang herbal memang hal yang terus berkembang. Bisnis ini berkembang ke berbagai macam sektor lainnya. Meski ada bisnis lain yang perlu di stop sementara karena kurang menghasilkan. Selepas dari beragam studi yang kami lakukan, kami pun melaksanakan rapat kerja di hotel berbintang.

Rapat kerja di hotel, merupakan hal baru bagi perusahaan kami. Tahun sebelumnya kami rapat kerja di dekat bromo, tepatnya di sebuah rumah atau villa. Rapat kerja di hotel merupakan usaha meningkatkan semangat tim dan pandangan baik dari rekan konsultan luar perusahaan yang menjadi penasehat pada rapat kerja kami.

Perkembangan bisnis ini pun membuat kami mengembangkan produk-produk baru. Produk pengembangan ini menjadi teman pada produk sebelumnya. Produk-produk baru pun disiapkan izinnya agar pemasaran lebih aman dan nyaman nantinya.

 

Duplikasi Online Strategy

Strategi online mulai berkembang di banyak usaha. Pun juga usaha kami, strategi di online terbukti beberapa waktu kemudian setelha di launching. Banyak order dari online membuat packing online semakin banyak. Meski order paketnya kebanyakan lebih kecil daripada yang offline.

Strategi Online, diduplikasi sedemikian rupa. Meski ada yang perlu dibenahi. Dunia online memang terus berkembang. Membuat kita perlu lebih banyak riset dan pengembangan ke depannya. Beragam hal dikaji untuk pengembangan di online ini.

 

Open Reseller

Pengembangan bisnis yang terus dilakukan untuk perwujudan impian kami Desa Berdaya. Salah satunya adalah Open Reseller atau membuka jalur distribusi reseller. Reseller khususnya di bisang channel penjualan online yang memang sedang dikembangkan lebih baik sistemnya.

Saya pun menyempatkan waktu beberapa kali menemui calon reseller online kami. Para reseller online ini kami bagi jadi 2 jenis. Yakni Reseller yang kami bina dan yang bebas. Reseller yang kami bisa merupakan reseller yang kami buatkan akun dan kami ajari menggunakan serta melakukan optimasi. Ini tak lain seperti system satu komando di pergerakan atau telecenter di sistem komunikasi.

 

Pentingnya Sistem Manajemen yang baik

Selalu bertumbuh membuat sistem manajemen yang baik perlu diterapkan. Sejak di rapat kerja kami merumuskan untuk membuat sistem lebih baik untuk usaha kami. SOP atau System Operational Procedure dibuat lebih baik. Yakni dengan melakukan visualisasi SOP agar para pekerja lebih memahaminya.

Kami pun mulai mengkoreksi sistem software yang kami pakai. Para admin menjelaskan tentang kelemahan sistem yang kadang update tak sesuai dengan yang di-input admin. After sales service-nya pun dikoreksi.

 

Mengenal Software ERP

Saya beberapa waktu ini mendapat informasi tentang Software ERP. Saya kembali ke jaman kuliah, sepertinya dulu pun sempat membahas hal ini. ERP dari istilah bahasa Inggrisnya, enterprise resource planning (perencanaan sumber daya perusahaan) adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan. Software cloud ERP Indonesia banyak yang menggunakannya belakangan ini.

Software sistem ERP rasanya merupakan kebutuhan usaha kami. Ini akan mempermudah kami dalam melakukan manajemen perusahaan yang baik. Pun juga direksi dan admin lebih mudah dalam melakukan control tugas mereka.

 

Software ERP SystemEver

Saya pun mendapatkan informasi tentang salah satu sistem ERP terbaik. Yakni SystemEver, SystemEver® telah dikembangkan sejak 2014 dan hadir di Indonesia pada tahun 2017.  Saya baru tahun di tahun 2020 ini, waktunya mengenal lebih dekat software cloud ERP Indonesia ini. Sistem Cloud ERP memang sedang berkembang seiring munculnya cloud cumputing kali ya…

Pengembangan software cloud ERP Indonesia ini terus dilakukan seiring dengan dinamika bisnis yang terjadi. Pengalaman YoungLimWon ??? yang lama dalam bisnis ERP dan telah melayani lebih dari 1600 perusahaan di sejumlah negara, diantaranya Korea, Cina, Jepang, Vienam dan Indonesia. APAC CIO Outlook pun mendebutkannya sebagai salah satu Top 10 ERP System di Asia.

software cloud erp terbaik systemever manufacture
software cloud erp terbaik systemever manufacture (dok.systemever)

Melihat fakta tersebut, bisa dikatan ini salah satu software ERP terbaik di Indonesia. Atau bahkan  salah satu software ERP terbaik di Asia tenggara. Untuk di Indonesia, disiapkan model konfigurasi sistem iSeries yang disesuaikan dengan kebutuhan dan bidang bisnis juga kearifan lokal yaitu i1 (manajemen akuntansi), i2 (SDM/manajemen penggajian), i3 (persediaan/supply chain management), i5 (manajemen penjualan dan distribusi) serta i7 (manajemen pabrik). Semua (model konfigurasi) iSeries ini dilengkapi dengan fitur Visual-K yang mampu menyederhanakan tampilan antarmuka (Interface). SystemEver® menyediakan layanan konsultasi (Consultant-K) yang siap membantu sehingga pebisnis tidak perlu khawatir untuk mengoperasikannya. Ini bisa jadi gambaran Aplikasi ERP Terbaik.

Selepas membaca dan memahami masing-masing iSeries. Sepertinya yang cocok untuk model usaha kami adalah mode i5. Model i5 ini cocok digunakan untuk perusahaan yang bergerak di bidang distribusi. Sistem ERP i5 menghubungkan bagian pembelian, penjualan hingga sistem akuntansi secara terintegrasi dan Anda dapat dengan mudah melihat serta mengelola pengiriman, memeriksa informasi penjualan berdasarkan laporan status penjualan, mengeluarkan segera faktur pajak saat penjualan, dan memonitor kinerja penjualan oleh tenaga penjualan.

Saya bisa jadi mengajukan pilihan pada Software ERP SystemEver ini untuk menunjang perusahaan kami. Pun juga ke depannya lebih mudah dalam mengelola Desa Berdaya yang jadi impian. Informasi ini selengkapnya bisa cek di https://systemever.co.id/; Software ERP murah ini cocok untuk UKM yang menyesuaikan kebutuhannya.

 

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.