3 Tips Mengefektifkan Pembelajaran Daring Jarak Jauh

Pembelajaran Daring Jarak Jauh semakin popular belakangan ini. Terlebih banyak sekolah yang lebih memfokuskan pembelajaran secara jarak jauh. Oleh karenanya perlu cara yang tepat, efisien, efektif dan bisa produktif dalam hal pembeljaran cara demikian.

Acer Day 2018 laptop Notebook Indonesia www.selamethariadi.com
Ilustrasi (dok. pribadi)

Jika kita melihat data terbaru pengguna gadget di Indonesia menunjukkan  bahwa jumlah gadget yang tersebar cukup banyak dibandingkan jumlah penduduk Indonesia sendiri. Bisa dilihat Sebagian orang memiliki smartphone lebih dari satu.

Melihat data tersebut membuktikan pembeljaran daring seharusnya menjadi kemudahan. Namun karena belum terbiasa, oleh karenanya banyak guru maupun siswa yang kurang siap akan hal ini.

Akhir-akhir ini pula peningkatan jumlah pengguna gadget bisa terlihat. Sekilas dengan banyaknya orang tua yang harus membeli smartphone untuk kebutuhan pembelajaran anaknya. Ini tentu membuat penggunaan jaringan data semakin jadi pilihan bahkan kebutuhan.

Melihat fenomena ini, saya pun merasakannya, seperti banyak cerita guru yang mulai beradaptasi dengan model pembelajaran jarak jauh ini. Dari hal itulah saya coba simpulkan ada 3 tips untuk bisa mengefektifkan pembelajaran daring jarak jauh.

 

  1. Pilih Media

Memilih media yang tepat untuk pembelajaran daring adalah hal awal yang penting. Dari sinilah semuanya akan berkembang dengan baik pula. Banyak contoh media yang bisa jadi pilihan. Seperti sebagai sarana untuk pembelajaran daring bisa menggunakan: Whatsapp, e-learning sekolah, Google Classroom atau secara interaktif melalui google meet, webex hingga zoom meeting.

Pemilihan media tentunya sejalan dengan kultur yang ada di sekolah tersebut. Jika memang dirasa siswa mampu untuk menggunakan media e-learning sekolah ataupun diluar yang sejenis, maka ini bisa jadi piilihan baik.

Namun bila siswa dan lingkungan sekolahnya bukup dengan whatsapp, maka hal itu pun tak mengapa. Hal penting untuk diperhatikan adalah media penyampai yang tepat dan efektif bagi guru maupun siswa. Intinya bisa diteria berbagai kalangan.

Edukasi sebagai Kunci Kemajuan Bangsa Lebih Baik Nelson mandela Quote www.selamethariadi.com

  1. Efisiensikan Materi

Efisiensikan materi adalah hal penting dalam pembelejaran jarak jauh. Jika seorang pengajar memiliki slide power point sebagai media untuk presentasi pembelajaran; maka isinya haruslah seefisien mungkin. Hal ini akan berhubungan dengan waktu interaksi yang sedemikian singkat dalam pembelajaran daring jarak jauh.

 

  1. Jaringan yang lancar

Dalam pembelajaran daring jarak jauh, ikhwal jaringan juga merupakan hal yang urgen untuk dipilih. Karena proses interaksi yang sedemikian singkat, maka perlu jaringan yang lancar untuk mendukung hal tersebut. Ikhwal jaringan tentunya juga berhubungan dengan paket data untuk bisa mengakses hal tersebut.

Kalau jaringan bisa saja mudah dicarikan solusinya. Namun untuk paket data unuk mengakses internet adalah hal yang berbeda. Masyarakat perlu membeli paket data sebagai syarat untuk bisa berselancar dan berkomunikasi melalui pembelajaran daring jarak jauh.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan kebudayaan atau kemdikbud memiliki program kuota belajar gratis. Dalam program Kuota Belajar bagi Siswa, Guru dan Dosen yang diselenggarakan pemerintah sebagai pendukung kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh.

Adanya Program bantuan ini berupa penyediaan kuota internet untuk para peserta didik dari tingkat pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah pertama, pendidikan menengah atas dan pendidikan tinggi. Jadi, ini bisa jadi solusi dalam kebutuhan paket data dalam pemebelajaran secara online.

Tips Mengefektifkan Pembelajaran Daring Jarak Jauh Kemdikbud Smartfren selamethariadi

Smartfren jadi salah satu provider yang memiliki komitmen mendukung program pemerintah ini. Jaringan full 4G-nya di Indonesia siap untuk mengoptimalkan program ini. Bagaimana caranya? Cukup daftarkan nomer smartfren ke admin sekolah. Namun bagi yang belum dan ingin menggunakan nomor Smartfren, bisa menghubungi pihak sekolah atau call center Smartfren di nomor 888.

Perlu diketahui bantuan kuota internet dibagi menjadi dua jenis yakni Kuota Internet All Access yang bisa digunakan mengakses semua aplikasi dan Kuota Belajar yang hanya bisa dipakai mengakses situs serta aplikasi pembelajaran yang ditetapkan pemerintah.

Lalu berapa besaran kuota per bulan yang di dapat dalam program bantuan ini? Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Siswa PAUD (TK) : 5GB kuota internet all access + 15GB kuota belajar  (Total 20GB)
  • Siswa SD-SMA/setara : 5GB kuota internet all access + 30GB kuota belajar  (Total 35GB)
  • Guru : 5GB kuota internet all access + 37GB kuota belajar (Total 42GB)
  • Mahasiswa/Dosen : 5GB kuota internet all access + 45GB kuota belajar (Total 50GB)

Kesempatan masih terbuka untuk dapatkan hal tersebut di atas. Jika kalian termasuk Pelajar, mahasiswa, guru atau dosen dapat mendaftarkan nomornya ke Lembaga pendidikannya masing-masing untuk mendapatkan bantuan kuota internet periode bulan Oktober. Kamu, udah dapat belum?

 

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.