Manfaat Wakaf dalam Asuransi Sun Life Syariah

Manfaat Wakaf sekarang bisa semakin optimal dengan inovasi dari Asuransi Sun Life Syariah. Ini dungkap dalam Kopdar Wakaf Pasti Kini Nanti. Kegiatan ini berlangsung di Bangi Kopi Surabaya pada Kamis 201 September 2018. Selain rekan Blogger Surabaya, Jember dan Lamongan; hadir pula Blogger Malang. Berikut ulasannya…

Mengenal Sun Life Financial Syariah

Suasana jalanan Surabaya cukup padat hari itu, namun kendaraan kami tetap lancar bisa mengambil jalan. Saya dan rekan saya mas Endrita dari Malang alhasil sampai di Surabaya siang itu. Meski sempat salah jalan dan berputar melewati jalan lain, syukurlah bisa sampai di Bangi Kopi Surabaya.

Di tempat yang dekat dengan pusat pemerintahan Jawa Timur ini, Sun Life Financial Syariah mengadakan Kopdar. Dalam tajuk Wakaf Pasti Kini Nanti bermaksud mengedukasi pada masyarakat. Ternyata yang hadir selain dari Surabaya ada pula daerah lain seperti Jember, Malang dan Lamongan.

MC memulai menyemarakkan suasanya dengan menyapa mereka yang hadir selepas makan siang. Ohya, kami juga diminta mengisi form pertanyaan seputar wakaf dan asuransi. Semacam tes awal sebelum memulai acara. Dalam lembar itu juga ada pertanyaan yang diisi selepas acara.

Manfaat Wakaf asuransi brilliance hasanah maxima Asuransi Sun Life Syariah Sun Life Financial Syaria Selamethariadi.com (1)

Norman Nugraha selaku Chief Sharia Business Sun Life membuka acara. Beliau pun menjadi pembicara untuk mengedukasi wawasan tentang manfaat wakaf dan asuransi Syariah. Awalnya beliau mengenalkan, Apa itu Sun Life? Ternyata Sun Life adalah Organisasi jasa keuangan internasional yang didirikan pada 1865 yang asalnya dari Kanada.

Dari Kanada Sun Life berkembang hingga Amerika Serikat, Inggris Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Tiongkok, Malaysia, Vietnam dan Bermuda. Pada tahun 2016 atas dedikasinya, Sun Life mendapat Most Trusted Brand Awards pada kategori Life Insurance Company dari Reader’s Digest.

Sun Life Asia pun juga terbilang cukup besar sebaran ekspansinya. Yakni ada Sun Life Philippines, India, Vietnam, Malaysia, Hongkong, China serta Indonesia. Sun Life Philippines merupakan yang terbesar dibandingkan Negara lainnya di Asia.

Sun Life Financial Indonesia hadir pada tahun 1995. Berarti sekarang sudah sekitar 23 tahun ada di Indonesia. Sun Life Financial Indonesia memiliki tujuan untuk membantu keluarga Indonesia mencapai kesejahteraan melalui kemapanan finansial dan menjalani hidup yang lebih sehat.

Sebagai Perusahaan Asuransi yang memiliki ambisi. Yakni jadi salah satu dari 8 perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia. Sun Life Financial Indonesia memiliki 6 nilai utama, yaitu: Integritas, Keikutsertaan, Fokus pada nasabah, Unggul, Nilai dan Inovasi.

Dari Sumber data Sun Life Financial Indonesia per 30 Juni 2018; Distribusi Keagenan Sun Life Indonesia ada lebih dari 9.800 agen (konvensional dan syariah) yang tersebar di seluruh Indonesia. Pun juga ada Distribusi kemitraan yang didukung oleh lebih dari 400 tenaga pemasar melalui 3 jalur distribusi; Retail Relations, Telemarketing, Mortgage & Bundling.

Modern Syariah DNA Asuransi Sun Life

Modern Syariah DNA Sun Life Financial Syariah

Sun Life memiliki unit bisnis Syariah mulai Desember 2010. Hal yang mencengangkan adalah Sun Life merupakan perusahaan asuransi jiwa pertama di Indonesia yang memisahkan distribusi unit bisnis konvensional dan syariah.

Sun Life Financial Syariah mengusung positioning sebagai Modern Syariah Insurance Expert & Waqf Advisor. Sun Life Syariah adalah asuransi syariah modern dengan dedikasi distribusi bisnis syariah pertama di Indonesia yang menawarkan model bisnis dengan kaidah syariah yang menguntungkan.

Dengan adanya beragam produk syariah yang dirancang Sun Life untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat Indonesia dan didukung oleh konsultan finansial syariah yang terlatih secara profesional dan berwawasan luas.

Ada 7 Modern Syariah DNA yang dimiliki Sun Life Syariah. Modern Syariah ini pula yang menjadikan Sun Life Syariah melayani secara professional. Itulah mengapa Hanya Sun Life Syariah yang menjadi satu-satunya perusahaan Asuransi yang memiliki Sertifikasi Internal Syariah.

Manfaat Wakaf dan Investasi Asuransi

Apa yang terpikir oleh kita tentang Wakaf? Kiranya dimikian Pak Norman melempar pertanyaan untuk mereka yang hadir. Ternyata sebagian yang hadir menjawab bahkan pengertian Wakaf dan contohnya yang diketahui adalah wakaf pada masjid atau tanah.

Pak Norman juga memberikan edukasi tentang Wakaf. Bahkan ini adalah jenis donasi dalam Islam yang masih kurang dilakukan. Jenis Donasi yang umum dilakukan adalah Sedekah, Infaq ataupun Zakat. Namun untuk Wakaf ternyata masih perlu dioptimalkan. Manfaat dan hikmah berwakaf sangat banyak sekali.

Oleh karenanya, perlu adanya edukasi tentang Wakaf. Pun juga inilah yang dilakukan Sun Life Financial Syariah hari ini di Surabaya. Merujuk Pengertian Wakaf adalah Sebagai penahanan hak milik atas materi benda untuk tujuan menyedekahkan manfaat atau faedahnya.

Pengelolaan Wakaf harus dilakukan oleh pihak ketiga. Harta Benda Wakaf adalah harta benda yang memiliki daya tahan lama dan/atau manfaat jangka panjang serta mempunyai nilai ekonomi menurut syariah.

Lembaga Wakaf kebanyakan dijalankan oleh orang bisniskarena memang harus produktif penggunaannya. Wakaf ini in sya Allah bisa dikategorikan investasi Akhirat. Merujuk pada hadits “Jika manusia meninggal, maka amalnya terputus kecuali tiga perkara (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang bermanfaat, dan (3) anak soleh yang berdoa kepadanya.” (HR. Muslim)

Menurut cerita Pak Norman, rekannya bernama Pak Bayu dari Sun Life Financial Syariah usulkan pada Majelis Ulama’ Indonesia (MUI) tentang Wakaf sebagai manfaat Asuransi Syariah. Inilah yang membuat Sun Life syariah sebagai perusahaan asuransi pertama yang usulkan wakaf sebagai manfaat asuransi syariah.

MUI pun menggodok Manfaat Wakaf dan Investasi Asuransi. Keluarlah pada tahun 2016 Fatwa DSN-MUI No 106/DSN-MUI/X/2016 tentang Wakaf Manfaat Asuransi dan Manfaat Investasi pada Asuransi Jiwa Syariah. Inilah yang menjadi dasar wakaf manfaat asuransi dan manfaat investasi Asuransi Sun Life Syariah.

Jadi Wakaf melalui Asuransi Sun Life Syariah ada Manfaat Asuransi sebesar 45 persen dan Manfaat Investasi sebesar 30 persen. Ketika Nasabah Asuransi Sun Life Syariah masih hidup dapat mewakafkan Dana Investasi. Sedang jika nasabah Asuransi Sun Life Syariah meninggal dunia dapat mewakafkan manfaat asuransi dan atau manfaat investasi.

Asuransi Brilliance Hasanah Maxima Sun Life Syariah

Asuransi Brilliance Hasanah Maxima

Pada Agustus 2018 kemarin, Sun Life Financial Syariah mengeluarkan jenis Asuransi Baru untuk mengoptimalkan penyerapan Wakaf. Seperti diketahui Potensi wakaf di Indonesia mencapai Rp 180 triliun. Tapi di tahun 2017, baru bisa terhimpun sebesar Rp 400 miliar

Asuransi Brilliance Hasanah Maxima hadir sebagai solusi untuk mengoptimalkan Manfaat Wakaf. Pada Asuransi Brilliance Hasanah Maxima dana Wakaf 100 persen akan disalurkan kepada lembaga wakaf (nadzir) yang ditunjuk oleh nasabah Asuransi sejak kontribusi pertama diterima oleh Sun Life Syariah.

Jadi, ketika Nasabah Asuransi Brilliance Hasanah Maxima menyetor dananya. Ada dana khusus yang digunakan sesuai kesepakatan untuk disalurkan ke lembaga Wakaf yang dipilih nasabah. Laporan penggunaan dana Wakaf pun bisa diterima dari lembaga wakaf.

Setidaknya ada 3 manfaat Asuransi Brilliance Hasanah Maxima. Yakni: Pasti, Kini dan nanti.

  • PASTI maksudnya adalah
    • PASTI Tanpa Potongan
    • PASTI Aman dengan Tenaga Pemasar tersertifikasi Waqf Advisor
    • PASTI Penyaluran & Penggunaan Dana Wakaf Yayasan BWI
  • KINI maksudnya adalah dengan menyegerakan Wakaf sedini mungkin maka manfaat wakaf akan segera disalurkan sejak pembayaran pertama sesuai periode yang dipilih.
  • NANTI maksudanya adalah membantu melaksanakan wasiaT berwakaf atas Manfaat Wakaf dan Investasi Asuransi ketika nasabah meninggal dunia.

Memilih asuransi di Sun Life Syariah seperti nasi Padang. Jadi kita konsultasikan dan disesuaikan dengan kebutuhan kita. Selepas launching Asuransi Brilliance Hasanah Maxima beberapa waktu lalu, sudah ada 600 polis asuransi.

Sosialisasi tentang Manfaat Wakaf dan Investasi Asuransi ini telah dilakukan ke berbagai komunitas. Berbagai macam metode telah dilakukan. Termasuk dengan komunitas hijabers. Dengan premi minimal Rp  600 ribu sudah bisa menjadi nasabah Asuransi Brilliance Hasanah Maxima.

Sun Life Financial Syariah terus melakukan inovasi sebagai layanan yang selalu ditingkatkan. Hadirnya Aplikasi My Sun Life menjaid bukti komitmen untuk lebih dekat pada nasabah. Segala informasi dan komunikasi tentang Sun Life bisa dilakukan dengannya.

Tertarik… ? untuk  Manfaat Wakaf dan Investasi Asuransi Sun Life Syariah di Asuransi dalam Asuransi Brilliance Hasanah Maxima…?

 

***

Tulisan ini juga di post di Kompasiana.com/Selamethariadi

Yuniari Nukti

Inovasi Sun Life Indonesia yang menambahkan fitur wakaf dalam produk asuransinya saya acungi jempol. Ternyata Asuransi pun bisa sambil berwakaf tanpa kita memiliki aset tanah dan atau bangunan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.