Peranan Data Center di Era Industri 4.0

Data Center atau pusat penyimpanan data merupakan sebuah tempat atau ruangan khusus yang dipergunakan untuk menempatkan perangkat jaringan komputer beserta komponen-komponen yang berkaitan dengan sistem telekomunikasi dan penyimpanan data.

Adanya pusat penyimpanan data ini telah menjadi prioritas bagi perusahaan mengingat kita telah memasuki era industri 4.0 yang mengharuskan untuk akrab dengan dunia serba digital. Industri 4.0 menuntut sebuah perusahaan untuk bergerak lebih cepat dalam menyediakan produk dan layanannya, disinilah peranan dari pusat penyimpanan data.

Penyimpanan Data Center selamethariadi
Ilustrasi/Data Center (dok. pixabay)

Perusahaan harus sigap dalam menunjukkan performanya, salah satunya dengan kemudahan penyimpanan dan kecepatan re-calling data. Ribuan data penting dan ratusan catatan aktivitas penting perusahaan dimuat didalam sebuah sistem yang ada di dalam pusat data.

Bayangkan betapa pentingnya peranan dari pusat data yang harus dijaga keamanan dan kerahasiaannya. Dalam mempercayakan keamanan datanya, perusahaan tentu memilih provider terpercaya yang berpengalaman dalam bidang penyimpanan data seperti pusat penyimpanan data Nex.

 

Telah Berpengalaman Selama 10 Tahun Menjadi Provider Data Center

Nex Data Center telah dipercaya menjadi penyedia layanan penyimpanan data selama lebih dari 1 dekade oleh berbagai perusahaan besar dan industri makro di tanah air. Dengan persentase kepuasan pelanggan mencapai 80%, provider ini terkenal dengan zero-down-time dan layanan 24/7-nya yang membuat pelanggan selalu merasa aman untuk mempercayakan keamanan datanya. Jam terbang selama lebih dari 10 tahun menjadikan provider ini unggul dengan menawarkan layanan premium untuk memberikan perlindungan data, terbukti oleh profesionalisme dan performanya meliputi:

 

  1. Maximum Security

Dengan menggunakan stAndar ganda akses keamanan yang diprioritaskan oleh provider ini Menjanjikan maximum safety bagi pelanggan. Jaminan keamanan yang didapat antara lain dengan verifikasi identitas dan cross-check barang bawaan pengunjung saat memasuki area pusat penyimpanan data. Hal ini berlaku sebagai filter untuk pencegahan terjadinya pencurian data. Selain itu, data yang terekam dalam CCTV akan tersimpan hingga kurun waktu 3 bulan sehingga lebih menunjang keamanan data.

 

  1. Sertifikasi Terpercaya

Provider data center ini diakui performanya yang dibuktikan dengan telah ter-akreditasi ISO dengan komitmen dalam membantu pelanggan memastikan stabilitas dan ketersediaan data. Dengan akreditasi ISO 27001, provider ini membuktikan jaminan minimnya kelalaian dan tingkat riskan kebocoran data. Selain itu, akreditasi Tier III Uptime Institute membuktikan bahwa provider ini memberikan layanan premium dan kualitas berstandar Internasional.

 

  1. Layanan 24/7

Teknisi dan layanannya sudah terbukti sigap melayani keperluan teknis pelanggan dengan respon yang cepat secara profesional. Tim akan menjawab kekhawatiran pelanggan selama 24 jam non-stop dengan memberikan solusi yang fleksibel dan praktis. Memastikan segala kendala segera teratasi dengan jangka waktu seminimal mungkin agar sistem kembali berjalan normal.

 

  1. Real-time Monitoring

Berinovasi dengan menggunakan teknologi terbaru guna terus meningkatkan pelayanan serta kualitas layanan dari data center dengan meluncurkan Aplikasi NEX yang dapat diunduh dimana pelanggan dapat memantau langsung kondisi keamanan dan idealitas data melalu ponsel. Pelanggan dapat memonitor suhu dan kelembapan, sistem tiket terbuka, konsumsi daya, dan runtime baterai UPS.

 

Dengan segala keunggulan yang dimiliki provider data center ini tentu pelanggan tak lagi khawatir akan keamanan data mereka dengan kualitas up-timenya. Provider ini selalu siap bekerja sama dengan perusahaan manapun yang ingin memperluas jaringan bisnisnya. Bagi Anda yang masih kebingungan mencari tempat untuk infrastruktur IT yang compatible dan berkualitas, Anda dapat mengunjungi NEX dan temukan berbagai keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh perusahaan Anda.

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.