Hal yang Harus Dihindari Agar Luka Operasi Cepat Pulih

Apabila Anda baru saja melewati tindak operasi tertentu, maka ada beberapa pantangan yang harus dipatuhi demi mendapatkan hasil operasi yang maksimal dan agar luka bekas operasi cepat pulih. Jika tidak demikian, ada banyak kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi. Mulai dari jahitan bekas operasi yang terbuka, luka operasi yang mengalami infeksi, hingga kemungkinan buruk yang lainnya.

ilustrasi luka (dok. pixabay)

Masa pemulihan pasca operasi yang harus dilewati oleh seseorang bergantung dengan seberapa besar operasi yang dilakukan, jenis tindakannya, sampai dengan keadaan pasien tersebut sendiri. Antara jenis operasi A dengan operasi B tentu memiliki waktu pemulihan yang tidak sama. Begitu juga dengan keadaan pasien serta tindakan-tindakan yang dilakukan pasca operasi.

Salah satu langkah perawatan terhadap luka pasca operasi adalah mematuhi pantangannya. Lantas, apa saja? Berikut ini beberapa hal yang harus dihindari agar luka operasi dapat pulih lebih cepat:

  1. Makan Sedikit

Mengurangi jumlah makanan pasca operasi adalah kesalahan. Jangan sampai karena Anda takut dengan makanan-makanan yang dilarang untuk dikonsumsi membuat Anda pada akhirnya mengurangi jumlah makanan yang seharusnya dibutuhkan. Hal ini hanya akan membuat tubuh justru kekurangan asupan gizi yang bisa membantu memperkuat imunitas dan membantu proses penyembuhan luka pasca-operasi. Langkah yang lebih tepat adalah selektif dalam memilih konsumsi makanan sumber zat gizi terbaik. Anda disarankan untuk mengkonsumsi banyak makanan kaya protein seperti telur, daging merah, ikan, dan juga susu. Imbangi juga dengan kebutuhan zat gizi lainnya seperti vitamin dan mineral.

  1. Langsung Beraktivitas

Langsung beraktivitas seperti saat sebelum operasi juga menjadi pantangan yang harus dipatuhi. Anda harus menahan diri agar tidak langsung beraktivitas banyak seperti bekerja, olahraga, jalan cukup jauh, dan sejenisnya. Hal tersebut hanya akan memperlambat proses penyembuhan luka setelah operasi yang Anda miliki. Istirahatlah total sampai paling tidak luka mongering.

  1. Banyak Tidur

Banyak tidur juga sama sekali tidak dianjurkan bagi pasien pasca operasi. Istirahat total bukan berarti Anda bermalas-malasan dan terlalu banyak tidur lebih dari waktu tidur yang dibutuhkan. Tetaplah bergerak agar sirkulasi darah tetap lancar. Namun, kuncinya adalah bergerak tidak berlebih. Contohnya mungkin bisa dengan membaca buku atau membaca artikel kesehatan yang salah satunya bisa mengakses laman www.guesehat.com.

Selain ketiga pantangan tersebut, Anda juga tidak boleh lupa mengenai saran dari dokter pasca operasi. Perhatikan juga kapan jadwal Anda harus kontrol ke dokter untuk mengetahui kondisi terkini luka bekas operasi yang Anda miliki.

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.